Pendidikan Moderasi Beragama Berbasis Ahlussunnah Wal Jama’ah
Keywords:
Pendidikan Agama, Moderasi Beragama, Ahlussunnah WaljamaahAbstract
Pendidikan Agama merupakan pemikiran reklektif yang kritis dan mendalam seputar masalah krusial kegamaan/iman. Berpikir yang dimaksud iala berpikir tentang dasar agama dan tidak ada keberpihakan terhadap salah satu agama manapun dan berpikir tentang kebenaran bahwa ajaran agam tidak bertentangan dengan logika. Adapun yang menjadi dasar-dasar agama ialah wahyu, ketuhanan, hubungan manusia dengan Tuhan, pengutusan rasul dan nabu, kehidupan akhirat dan sebagainya. Agana Islam memiliki ajaran inti moderasi beragama yang memiliki nilai-nilai Islam yang moderat, ramah, damai hingga mendamaikan. Sebagaimana pola pikir kelompok Ahlussunnah Wal Jamaah yaitu terhindar dari ekstremisme (attawassut), kecerdasan, kejujuran, dan keadilan (al-I'tidal), toleransi (at-tasamuh), dan pendekatan yang seimbang dalam khidmah (at-tawazun) dan mencegah perbuatan jahat serta mendorong perbuatan baik (amar ma’ruf nahi munkar). Adapun tujuan penelitian ini adalah membahas pendidikan moderasi beragama berbasis Ahlussunnah Wal Jamaah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif jenis non-interactive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dasar teori pendidikan moderasi beragama berkonsepkan Ahlussunnah Wal Jamaah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendidikan moderasi beragama sejalan dengan pola pikir Ahlussunnah Wal Jamaah.
References
Ahmad Miftahudin Thohari, “Filsafat Islam Sebagai Langkah Praktis Membentuk Mental Models Moderasi Beragama Di Indonesia.” Prosiding Muktamar Pemikiran Mahasiswa Nasional I, No.1. 2022.
Betty Mauli Rosa Bustam. “Filsafat Islam Sebagai Asas Moderasi Beragama di Indonesia,” Jurnal Yaqzhan, Vol. 08 No. 01, (Juni 2022).
Dinar Bela Ayu Naj’ma. “Pendidikan Moderasi Beragama Dalam Penguatan Wawasan Kebangsaan,” Jurnal of Multidiscioplinary studies, Vo. 5 No.2 (Juli-Desember 2021).
Dr. Ahdar, S. Ag, S. Sos, M.Pd. Ilmu Pendididkan, Sulawesi Selatan:IAIN Pare-Pare Nusantara, 2021.
Dr. H. Achmad Gholib, MA. filsafat islam, Jakarta: FAZA MEDIA, 2009.
Dr. H. Ibrahim, M.Pd. Buku Daras Filsafat Islam Klasik, Makassar: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Alauddin
Dr. H. Mohammad Hasan,M. Ag. perkembangan ahlus sunnah wal jamaah di asia tenggara, Pamekasan: Duta Media Publishing, 2021.
Dr. H. Subaidi, M.Pd. “Pendidikan Islam Risalah Ahlussunnah Wal Jama’ah An-Nahdliyah,” Jawa Tengah:UNISNU PRESS, 2019.
Fauzi. “Ahlussunnah Wal Jama’ah di Indonesia: Antara Al-Asy’ariyyah dan Ahli Hadis,” Jurnal Pemikiran Islam, Vol.1 No.2 (Desember 2020).
James H. McMilllan dan Sally Schumacher, Research in Education: A Cconseptual introduction. 2021.
Munir Yusuf. Pengantar Ilmu Pendidikan, Palopo:Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo, 2018.
Nila Fadilah Nasution. “Hubungan Filsafat Agama dan Moderasi,” Jurnal Multidisiplin, Vol.1 No.2 (Desember 2022).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright and License Statement
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
The copyright for each article in An-Nashr : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan belongs to the author under a Creative Commons CC BY 4.0 license:
- The author allows An-Nashr to be the first to publish the article under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0).
- Authors are free to share their published work elsewhere (e.g., in their institution’s repository or as part of a book), as long as they acknowledge that it was first published in An-Nashr.
License:
An-Nashr : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan is published under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). This license allows anyone to copy, share, modify, and create derivative works for any purpose, including commercial use, as long as credit is given to the original author.



