Kebijakan Negara Terhadap Sektor Pendidikan Dalam Perspektif Community Engagement
Keywords:
Kebijakan Negara, Pendidikan, Community EngagementAbstract
Negara Indonesia memiliki tanggung jawab besar terhadap kebijakan dalam sektor pendidikan untuk mencerdaskan, membawa kehidupan bangsa yang maju, berdaya saing tinggi, berkualitas. Oleh karena itu, dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan bukan hanya menjadi tanggung jawab dan kebijakan dari pemerintah semata, karena hal itu juga tergantung dari berbagai komponen-komponen pendidikan lainnya dalam memajukan dunia Pendidikan. Penelitian ini lebih memfokuskan kepada metode deskriptif kualitatif tujuannya agar mampu mendapatkan data yang lebih akurat mengenai sistem kebijakan negara dalam sektor pendidikan untuk menghadapi era disrupsi yaitu perkembangan teknologi yang semakin canggih dan begitu banyaknya inovasi dan kretif yang memang sangat dituntut di era disrupsi tersebut. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa peran serta masyarakat di dalam pemberdayaan dan peningkatan pendidikan keagamaan dapat disusun sebagai berikut; Pertama, peningkatan dalam pengembangan manajemen lebih accountable. Kedua, peningkatan dalam pengembangan manajemen organisasi pendidikan yang berkualitas. Ketiga, peningkatan peran di masyarakat di dalam mengatur pengelolaan sumber belajar sehingga menghasilakan sistem pendidikan yang unggul.
References
Anderson, James E, (2003) Pembuatan Kebijakan Publik: Suatu Pengantar Edisi Kelima, Boston: Perusahaan Houghton Mifflin.
Azman, A., Simatupang, W., Karudin, A., & Dakhi, O. (2020). Link and match policy in vocational education to address the problem of unemployment. International journal of multi science, 1(07), 76-85.
Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Peraturan Pemerintah Nomor 19. Tahun 2005, Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Eyestone, Robert. (1971) Benang Kebijakan; Kajian Kepemimpinan Kebijakan. Indianapolis: Bobbs-Merril. Fakry Gaffar.
Friedrich, Carl J. 1963. Man and His Government. New York: McGraw Hill
Freire, Paulo. 2008. Pedagogi Kaum Tertindas. Diterjemahkan oleh F. Danuwita dalam: Pendidikan Kaum Tertindas. Jakarta: Pustaka LP3ES Indonesia.
Hakim, L. (2021). Analisis Internal Dan Eksternal Pendidikan Islam Menuju Globalisasi Pendidikan. In Proceedings of Annual Conference on Islamic Educational Management (pp. 549-567).
Imron. Ali, 1995. Pembinaan Guru di Indonesia. Jakarta: Pustaka Jaya.
Mustari, M. (2022). Administrasi dan manajemen pendidikan sekolah. Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Nugroho, Riant. 2008. Kebijakan Publik. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Pangestu, B., Parwata, I. G. L. A., & Wijaya, M. A. (2021). Minat dan Motivasi Berprestasi Siswa dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Bolavoli. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 3(2), 63-70. https://doi.org/10.23887/ijst.v3 i 2.31937
Quaicoe, J. S., Ogunyemi, A. A., & Bauters, M. L. (2023). School Based Digital Innovation Challenges and Way Forward Conversations about Digital Transformation in Education. Education Sciences, 13(4), 344. https://doi.org/10.3390/educsci 13040344
Rohman. Arif, 2009. Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Laks Bang Mediatama.
Rose, Richard. 1969. The Power Elite. New York: Oxford University Press.
Santoso, Amir. 1998. Analisa Kebijaksanaan Publik. Yogyakarta: PT. Hanindita.
Soedijarto, 2008. Landasan dan Arah Pendidikan Nasional Kita. Jakarta: Kompas.
Thomas R Dye, 1975, Understanding Public Policy, N.J Printice-Hall 2nd ed, Englewood Cliff.
Tilaar, H.A.R. 2008. Manajemen Pendidikan Nasional. Bandung: Remaja Rosdakarya
Tilaar, H.A.R dan Riant Nugroho. 2008. Kebijakan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Wahyuningsih, A., Widiawati, H., & Zulva, N. (2021). Upaya Bimbingan Belajar Orang Tua Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5640–56470. https://doi.org/10.31004/basice du.v5i6.1697
Yaswinda, Y., & Erlina, B. (2022). Model Evaluasi CIPP Dalam Mengevaluasi Program Peran Orang Tua Berpartisipasi Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Untuk Pengembangan Diri Anak Di TK An-Nadzir Kecamatan Payakumbuh Timur Kota Payakumbuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2523-2534.
Yuniarti, I., Khodijah, N., & Suryana, E. (2022). Analisis Kebijakan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dan Madrasah. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 9(1), 182-207
Lihat Berita berjudul ICW: Tersangka Korupsi Sektor Pendidikan Didominasi oleh ASN https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/01/24/icw-tersangka-korupsi-sektor-pendidikan-didominasi-oleh-asn
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 An-Nashr : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright and License Statement
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
The copyright for each article in An-Nashr : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan belongs to the author under a Creative Commons CC BY 4.0 license:
- The author allows An-Nashr to be the first to publish the article under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0).
- Authors are free to share their published work elsewhere (e.g., in their institution’s repository or as part of a book), as long as they acknowledge that it was first published in An-Nashr.
License:
An-Nashr : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan is published under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). This license allows anyone to copy, share, modify, and create derivative works for any purpose, including commercial use, as long as credit is given to the original author.