Desain Pembelajaran (Model Dick & Carey, Jerold E. Kemp, dkk)
Keywords:
Desain Pembelajaran, Model Dick & Carey, Model Jerold E. Kemp, Model Smith & RaganAbstract
Desain pembelajaran merujuk pada proses perencanaan dan pembuatan pengalaman belajar yang bermakna dan efektif bagi siswa. Proses ini bertujuan untuk memastikan bahwa setiap komponen pembelajaran seperti tujuan, metode, dan penilaian terpadu dengan baik untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Ada beberapa model desain pembelajaran yang terkenal dan sering digunakan, yaitu model dick & carey, model jerold e. Kemp, dan model smith & ragan. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengeksplorasi konsep desain pembelajaran dan mengkaji model-model desain yang digunakan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur, mengumpulkan data dari buku, jurnal, dan artikel ilmiah terkait desain pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model desain pembelajaran yang terstruktur dan sistematis mampu meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menyatukan komponen tujuan, metode, dan penilaian. Model dick & carey menekankan pendekatan sistemaris dalam setiap tahapannya, model kemp menawarkan fleksibilitas dalam merancang pembelajaran, sementara model smith & ragan fokus pada penerapan teori belajar kognitif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model desain pembelajaran yang tepat dapat menghasilkan program pembelajaran yang lebih efektif dan efisien.
References
Anggraeni, Syahyuni Anggun, dan Siti Nurazizah. “Konsep Dasar Perencanaan Pembelajaran.” Karimah Tauhid 3, no. 5 (6 Mei 2024): 5548–62. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13204.
Baharun, Hasan. Model Dan Desain Pembelajaran Inovatif, Kreatif Dan Berkarakter. Probolinggo: Pustaka Nurja, 2018.
———. Pengembangan Kurikulum Teori Dan Praktik Konsep, Prinsip, Model, Pendekatan Dan Langkah-Langkah Pengembangan Kurikulum PAI. Karanganyar Paiton Probolinggo: Pustaka Nurja, 2017.
Fanani, Achmad. “Kelayakan dan Respon Hasil Pengembangan Model Anslisis Pembelajaran GCT.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Volume 5, Nomor 2 (2021).
Fatmawarni, dan Dinda Nurazli Chania. “Pengaruh Model Pembelajaran Jerold E.Kemp Terhadap Hasil Belajar Manajemen Keuangan Pada Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMSU.” Jurnal Pendidikan Akuntansi Volume 3, Nomor 3 (2020).
Fhathulloh, Muhammad Ramdlan, Mahmud Yusup, dan Nurhayati. “Implementasi Guru dalam Mendesain Proses Pembelajaran PAI.” Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal Volume 2, Number 2 (2017).
Hamdani. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia, 2011.
Helaluddin, dan Hengki Wijaya. Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2019.
Husnaeni, H., dan S. Munfiatik. “Desain Pembelajaran Bagi Guru.” Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Volume 1, Nomor 2 (2024).
Kasi, Komang Astina Kristina, dan Sumarmi. “Pengaruh Model Pembelajaran Service Learning Terhadap Sikap Peduli Lingkungan.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume 3, Nomor 4 (2018).
Magdalena, Ina. “Penerapan Model-Model Desain Pembelajaran Madrasah Aliyah Negeri 12 Jakarta Barat.” Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial Volume 2, Nomor 2 (Agustus 2020).
Masruroh, Durrotul. “Model Pembelajaran Dick and Carey Dan Implementasinya Dalam Pelajaran PAI.” Journal Global Education Volume 1, Number 4 (2023).
Mudrikah, Saringatun. Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Teori dan Implementasi. Jakarta: Pradina Pustaka, 2021.
Muhammad, Devy Habibi, Tobroni, dan Faridi. “Rekonstruksi Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Model-Model Pembelajaran.” IMTIYAZ: Jurnal Ilmu Keislaman 7, no. 2 (21 Oktober 2023): 183–95. https://doi.org/10.46773/imtiyaz.v7i2.855.
Obizoba, Cordelia. “Instructional Design Models Framework for Innovative Teaching and Learning Methodologies.” International Journal of Higher Education Management (IJHEM) Volume 2, Nomor 1 (2015).
Pribadi, R. Benny A. Model-Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat, 2009.
Putrawangsa, S. Desain Pembelajaran Design Research sebagai Pendekatan Desain Pembelajaran. Mataram: CV Reka Karya Amerta, 2018.
Rahmawati, Ritia, Mohamad Amin, dan Umie Lestari. “Pengembangan Buku Ajar Biologi Sel.” Jurnal Pendidikan Volume 1, Nomor 9 (2016).
Ramadhan, Farqiyatur, Susriyati Mahanal, dan Siti Zubaidah. “Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Melalui Model Pembelajaran Biologi Remap Sad.” Jurnal Pendidikan Volume 2, Nomor 5 (2017).
Ratumanan, dan Imas Rosmiati. Perencanaan Pembelajaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada, 2019.
Rusman. Model-Model Pembelajaran, Mengembangkan profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers, 2016.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Kombinasi. Bandung: Alfabeta, 2013.
Taufiqy, Ighfir Rijal, Sulthoni, dan Dedi Kuswandi. “Teknologi Pengembangan Bahan Ajar Digital Berlandaskan Model Terpandu-Pembelajaran Berbasis.” Jurnal Pendidikan Volume 1, Nomor 4 (2016).
Wahyuni, Ida. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Peningkatan Capaian Kompetensi Fisika Umum Ii Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika Fmipa Universitas Negeri Medan.” Jurnal Pendidikan Fisika Volume 3, Nomor 1 (2014).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ghina Hastutie, M. Ramli

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright and License Statement
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
The copyright for each article in An-Nashr : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan belongs to the author under a Creative Commons CC BY 4.0 license:
- The author allows An-Nashr to be the first to publish the article under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0).
- Authors are free to share their published work elsewhere (e.g., in their institution’s repository or as part of a book), as long as they acknowledge that it was first published in An-Nashr.
License:
An-Nashr : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan is published under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). This license allows anyone to copy, share, modify, and create derivative works for any purpose, including commercial use, as long as credit is given to the original author.



