Implementasi Program Keagamaan Dalam Mengembangkan Karakter Religius Anak Di Sekolah Dasar Negeri 1 Sei Rukam 1
Keywords:
Program Keagamaan, Karakter Religius, Sekolah DasarAbstract
Pelaksanaan pendidikan mutu agama di SDN 1 Serukam 1 Kecamatan Pugan Kabupaten Tabalong berjalan lancar setiap harinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan program keagamaan dalam mengembangkan karakter religius siswa. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif deskriptif untuk mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan catatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum pembelajaran masyarakat tetap melakukan kegiatan keagamaan seperti shalat dhuha berjamaah, membaca surat 4, surat 5, surat 6, membaca surat 7, dan shalat berjamaah. Kegiatan ini berperan baik dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan dan memantapkan kualitas keagamaan seperti keimanan, ketakwaan, dan akhlak mulia pada diri peserta didik. Selain itu, apresiasi dan praktik sehari-hari guru membantu peserta didik dalam mengaplikasikan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari. Program keagamaan di SDN 1 sei rukam 1 berhasil mendukung pembentukan karakter religius siswa melalui pembiasaan kegiatan keagamaan yang terstruktur dan didukung oleh peran aktif guru.
References
Afita Sari, Ayu, Shoviy Ajeng, Galuh Ivani Istina, Muhammad Farhan, and Hepi Ikmal. “Pengembangan Karakter Religius Siswa Melalui Sekolah Berbasis Pesantren Di Ma Ma’arif 7 Banjarwati.” Jurnal Kajian Islam Al Kalam 2, no. 2 (2022).
Anggraini, Yulia Putri Ayu, Nugroho Widi Susanto, and Miftahul Aulia. “Integrasi Pendidikan Islam Dan Kearifan Lokal Dalam Membangun Kesadaran Ekologis Di Masyarakat Melayu Banjar.” Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 14, no. 2 (May 2, 2025): 158–173.
Arianti, Luluk, Maolinda Sagila, and Anindya Ika Yulia. “Peran Agama Dalam Pembentukan Identitas Budaya Masyarakat Lokal: Kajian Literatur Sistematis.” KHAZANAH : Jurnal Studi Ilmu Agama, Sosial dan Kebudayaan 1, no. 1 (May 19, 2025): 41–50.
Bachri, Bachtiar. “Meyakinkan Validitas Melalui Trianggulasi Pada Penelitian Kualitatif.” Jurnal Teknologi Pendidikan Volume 6, no. Nomer 1 (n.d.).
Fauziyah, Lilik, and Reyhan Zaky Althafy. “Implementasi Program Ekstrakurikuler Keagamaan Dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa Di SDN Kedung Megarih.” AJER: Advanced Journal of Education and Religion 2, no. 1 (January 22, 2025): 50–59.
Gina Khairunnisa, Nur, Mukhlishah, Muhammad Fadlani Salman, Lim Ibrohim, and Hernawati. “Implimintasi Program Keagamaan Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa.” Jurnal Pendidikan dan Sosio Keagamaan 3, no. 1 (2024).
Gunawan, Ardi. Menjeput Keajaiban Inspirasi Kesehatan & Pengembangan Diri. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2020.
Hs. Bunganegara, Muadilah. “Pemaknaan Shalawat; Pandangan Majelis Dzikir.” Pemaknaan Shalawat; Pandangan Majelis Dzikir Haqqul Yaqin 9, no. 2 (2018).
Lexy J, Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007.
Mistiningsih, Cindy, and Eni Fariyatu Fahyuni. “Manajemen Islamic Culture Melalui Pembiasaan Sholat Dhuha Berjamaah Dalam Meningkatkan Karakter Kedisiplinan Siswa.” Jurnal Manajemen dan Ilmu Pendidikan 2, no. 2 (2020).
Mubin, Ninahul, and Moh. Arif Fourqan. “Pelaksanaan Program Pembiasaan Keagamaan Dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didiknina.” Jurnal Riset Madrasah ibtidaiyah 3, no. 1 (2023).
Rodiyah, Afifatur, Rosichin Mansur, and Imam Safi’i. “Implementasi Program Keagamaan Dalam Membentuk Nilai Karakter Disiplin Pada Siswa Di Smp Islam Wajak Kabupaten Malang.” Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 2 (2020).
Rusandi, and Muhammad Rusli. “Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriftif Dan Studikasus.” Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 2, no. 1 (2021).
Toyyibah, Ita, and Iwan Setiawan. “Pengembangan Karakter Peserta Didik Berbasis Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 6, no. 1 (2018).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nor Aidah, Radhiatul Jannah, Muhammad Majdi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright and License Statement
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
The copyright for each article in An-Nashr : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan belongs to the author under a Creative Commons CC BY 4.0 license:
- The author allows An-Nashr to be the first to publish the article under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0).
- Authors are free to share their published work elsewhere (e.g., in their institution’s repository or as part of a book), as long as they acknowledge that it was first published in An-Nashr.
License:
An-Nashr : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan is published under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). This license allows anyone to copy, share, modify, and create derivative works for any purpose, including commercial use, as long as credit is given to the original author.



