Tingkat Pemahaman Siswa Madrasah Aliyah Negeri Program Khusus Keagamaan (MANPK) Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas XI Di MAN 4 Banjar
Keywords:
Tingkat Pemahaman, MANPK, Pelajaran FikihAbstract
MANPK memadukan sistem pendidikan formal Madrasah dan metode dirasah Ma’hadi, dimana para siswa secara intensif dibekali ilmu pengetahuan, praktek dan wawasan keislaman. Pembelajaran Fikih di MAN 4 Banjar adalah salah satu bagian mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang diarahkan untuk menyiapkan siswa untuk mengenal, memahami, menghayati, dan mengamalkan hukum Islam yang kemudian menjadi dasar pandangan hidupnya melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan penggunaan, pengalaman dan pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian survei deskriptif yaitu pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian karena penelitian ini bermaksud mengumpulkan data dengan tujuan utama untuk membuat gambaran tentang suatu keadaan secara objektif dan menuntut penggunaan angka, mulai dari penggumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut, serta penampilan dari hasilnya. Hasil penelitian ini ialah: dari angket menemukan hasil pada masalah tingkat pemahaman siswa pada mata pelajaran fikih di MANPK sangat membanggakan yaitu dengan kategori sangat baik. Sedangkan analisis data Kuisoner yang berkenaan dengan Tingkat Pemahaman Siswa memperoleh kategori baik dengan persentase 63,64% atau 14 siswa dari 22 siswa. 14 siswa tersebut mendapat poin nilai dari 60-79 Dan Faktor dari peneltian ini ialah: faktor pendukung ditemukan tiga faktor yakni: Internal, Lingkungan, dan Minat. Sedangkan dari faktor penghambat dari penelitian ini ialah: Sarana Prasarana, Padatnya jadwal, dan tidak dilandasi kehendak sendiri.
References
Chandra Wijaya Rahmat Hidayat, Ayat – Ayat Alqur’an Tentang Pendidikan Islam (Medan: LPPPI, 2017)
Daryanto, M, Evaluasi Pendidikan (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010).
Juhaedi ,Didi,”Dinamika Peran Madrasah Dalam Memajukan Pendidikan di Indonesia”(Jurnal Risalah pendidikan dan studi islam Vol.1 No.1 2014).
Lestari , Ambar Sri, Narasi dan Literasi Media dalam Pemahaman Gerakan Radikalisme : Konsep Dan Analisis,(Depok: Rajawali Pers,2020).
Nur Azizah Putri, S. (2022). Urgensi Pendidikan Kritis Bagi Pendidikan Islam. At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora, 4(2)
Nurdiansyah, DKK ,”Pengembangan Buku Ajar berbasis majalah anak materi wudlu untuk meningkatkan pemahaman siswa”(Jurnal Islamic education Vol.2 No.2 2018.
Sudjana , Nana, Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014).
Suryadi, R. A. Al-Qur’an sebagai Sumber Pendidikan Islam. Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 20(2)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Lusiana, Khalilurrahman, Muhammad Nor Riduan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright and License Statement
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
The copyright for each article in An-Nashr : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan belongs to the author under a Creative Commons CC BY 4.0 license:
- The author allows An-Nashr to be the first to publish the article under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0).
- Authors are free to share their published work elsewhere (e.g., in their institution’s repository or as part of a book), as long as they acknowledge that it was first published in An-Nashr.
License:
An-Nashr : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan is published under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). This license allows anyone to copy, share, modify, and create derivative works for any purpose, including commercial use, as long as credit is given to the original author.



