Penerapan Tata Tertib Dalam Pengembangan Pendidikan Karakter Disiplin Di SDN 1 Sei Rukam 1

Authors

  • Risya Norhasnah STIQ Amuntai
  • Raudatul Jinan STIQ Amuntai
  • Khalilurrahman Institut Agama Islam Darussalam Martapura

Keywords:

Tata Tertib, Pendidikan Karakter, Karakter Disiplin

Abstract

Tata tertib sekolah merupakan aturan yang mengikat seluruh warga sekolah untuk mendukung proses belajar mengajar. Pendidikan karakter disiplin, yang berakar dari istilah "disciplina," mengacu pada latihan mental dan moral untuk menciptakan ketaatan terhadap peraturan dengan kesadaran diri. Disiplin memiliki manfaat, seperti membentuk kebiasaan positif, meningkatkan kemandirian, dan melatih tanggung jawab. Menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini melibatkan siswa SDN 1 Sei Rukam 1 sebagai subjek untuk penerapan tata tertib dalam pengembangan karakter disiplin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Tata Tertib dalam Pengembangan Pendidikan Karakter Disiplin di SDN 1 Sei Rukam Kecamatan Pugaan kabupaten Tabalong selama ini berjalan dengan baik. Penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi siswa untuk meningkatkan kedisiplinan.

Author Biography

Khalilurrahman, Institut Agama Islam Darussalam Martapura

 

 

References

Drkhiem. karakter disiplin. 2 ed. 1. jakarta, 2019.

Dyah Safitri, Adeilla. “Kondisi Sanitasi Lingkungan dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah Dasar.” HIGEIA 4, no. 2 (2020): 394.

Fawaid, Mansyur. “Implementasi Tata Tertib Sekolah Dalam Meningkatkan Karakter Kedisiplin Siswa” 2, no. 1 (2017): 11.

Ismail, M. Jen. “Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Menjaga Kebersihan di Sekolah.” Guru Tua : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 4, no. 1 (2021): 62.

Marlia, Ani, Migo Ahmad Syumus Shalahuddin, dan Nur Zain Al Hafiz. “Pentingnya Pendidikan Agama Islam Sebagai Fondasi Anak Didik di Sekolah.” HYPOTHESIS : Multidisciplinary Journal of Social Sciences 2, no. 2 (2023): 345.

melati, Reni sofiya. “jurnal ilmu pendidikan’’usaha penguatan penidikan karakter’’” 3, no. 5 (2021).

musbikin, imam. pedidikan karakter disiplin. Vol. 2. 1 vol. Jakarta: nusa media, 2021.

Naziyah, Sifaun, Akhwani, Nafiah, dan Sri Hartatik. “Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar.” Research & LearninginElementary Education 5, no. 5 (2021): 3484.

Sativa, Oriza, dan Adriani. “Studi Tentang Seragam Sekolah Siswa di SMA Negeri 2 Kecamatan Ranah Pesisir.” Gorga:Jurnal Seni Rupa 12, no. 01 (2023): 1.

Sri Hartat, FFarida Wiwik. “Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Datang Tepat Waktu di Sekolah Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas 13.” Jurnal Profesi Keguruan 7, no. 1 (2021): 59.

suardi, ismail. Metode pelitian sosial watampone dan sorong, 2019.

Yunita Sari, Anisa, dan Fitri Rofiyarti. “Penerapan Disiplin Sebagai Bentuk Pembinaan Pendidikan Karakter Terhadap Anak Usia Dini.” PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Din 3, no. 3 (2017): 228.

Downloads

Published

2025-06-25