Penerapan Tata Tertib Dalam Pengembangan Pendidikan Karakter Disiplin Di SDN 1 Sei Rukam 1
Keywords:
Tata Tertib, Pendidikan Karakter, Karakter DisiplinAbstract
Tata tertib sekolah merupakan aturan yang mengikat seluruh warga sekolah untuk mendukung proses belajar mengajar. Pendidikan karakter disiplin, yang berakar dari istilah "disciplina," mengacu pada latihan mental dan moral untuk menciptakan ketaatan terhadap peraturan dengan kesadaran diri. Disiplin memiliki manfaat, seperti membentuk kebiasaan positif, meningkatkan kemandirian, dan melatih tanggung jawab. Menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini melibatkan siswa SDN 1 Sei Rukam 1 sebagai subjek untuk penerapan tata tertib dalam pengembangan karakter disiplin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Tata Tertib dalam Pengembangan Pendidikan Karakter Disiplin di SDN 1 Sei Rukam Kecamatan Pugaan kabupaten Tabalong selama ini berjalan dengan baik. Penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi siswa untuk meningkatkan kedisiplinan.
References
Drkhiem. karakter disiplin. 2 ed. 1. jakarta, 2019.
Dyah Safitri, Adeilla. “Kondisi Sanitasi Lingkungan dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah Dasar.” HIGEIA 4, no. 2 (2020): 394.
Fawaid, Mansyur. “Implementasi Tata Tertib Sekolah Dalam Meningkatkan Karakter Kedisiplin Siswa” 2, no. 1 (2017): 11.
Ismail, M. Jen. “Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Menjaga Kebersihan di Sekolah.” Guru Tua : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 4, no. 1 (2021): 62.
Marlia, Ani, Migo Ahmad Syumus Shalahuddin, dan Nur Zain Al Hafiz. “Pentingnya Pendidikan Agama Islam Sebagai Fondasi Anak Didik di Sekolah.” HYPOTHESIS : Multidisciplinary Journal of Social Sciences 2, no. 2 (2023): 345.
melati, Reni sofiya. “jurnal ilmu pendidikan’’usaha penguatan penidikan karakter’’” 3, no. 5 (2021).
musbikin, imam. pedidikan karakter disiplin. Vol. 2. 1 vol. Jakarta: nusa media, 2021.
Naziyah, Sifaun, Akhwani, Nafiah, dan Sri Hartatik. “Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar.” Research & LearninginElementary Education 5, no. 5 (2021): 3484.
Sativa, Oriza, dan Adriani. “Studi Tentang Seragam Sekolah Siswa di SMA Negeri 2 Kecamatan Ranah Pesisir.” Gorga:Jurnal Seni Rupa 12, no. 01 (2023): 1.
Sri Hartat, FFarida Wiwik. “Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Datang Tepat Waktu di Sekolah Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas 13.” Jurnal Profesi Keguruan 7, no. 1 (2021): 59.
suardi, ismail. Metode pelitian sosial watampone dan sorong, 2019.
Yunita Sari, Anisa, dan Fitri Rofiyarti. “Penerapan Disiplin Sebagai Bentuk Pembinaan Pendidikan Karakter Terhadap Anak Usia Dini.” PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Din 3, no. 3 (2017): 228.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Risya Norhasnah, Raudatul Jinan, Khalilurrahman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright and License Statement
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
The copyright for each article in An-Nashr : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan belongs to the author under a Creative Commons CC BY 4.0 license:
- The author allows An-Nashr to be the first to publish the article under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0).
- Authors are free to share their published work elsewhere (e.g., in their institution’s repository or as part of a book), as long as they acknowledge that it was first published in An-Nashr.
License:
An-Nashr : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan is published under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). This license allows anyone to copy, share, modify, and create derivative works for any purpose, including commercial use, as long as credit is given to the original author.



