Pengaruh Media Papan Flanel Terhadap Minat Belajar IPA Siswa Kelas V Di MI An-Nur Kota Cirebon

Authors

  • Nida Padlillah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Atikah Syamsi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Ummi Nur Rokhmah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Keywords:

Media Papan Flanel, Minat Belajar Siswa, IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penggunaan media papan flanel pada pembelajaran IPA di kelas V MI An-Nur Kota Cirebon (2) mengetahui minat belajar IPA siswa kelas V MI An-Nur Kota Cirebon (3) mengetahui pengaruh penggunaan media papan flanel terhadap minat belajar IPA siswa kelas V MI An-Nur Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan tes berupa soal pilihan ganda. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang terbagi dalam dua kelas yakni V.1 berjumlah 39 siswa sebagai kelas eksperimen dan V.2 berjumlah 39 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan uji-t independen sample T-Test. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa minat belajar siswa kelas V.1 yang pembelajaran yang menggunakan media papan flanel lebih baik dibandingkan dengan tidak menggunakan media papan flanel. Hal tersebut dibuktikan Dengan hasil uji determinasi nilai R Square (Koefisien determinasi) sebesar 0,199 x 100 = 19,9%.. Interpretasinya adalah pengaruh variabel x atau bebas (Media Papan Flanel) terhadap variabel y atau terikat (Minat Belajar) adalah 19,9%. Sedangkan sisanya sebesar (100%-19,9% = 80,1%) dipengaruhi oleh faktor lain. Serta pengujian hipotesis menggunakan Independen Sample T-Test dan di peroleh pada taraf kesalahan 5% (T-Tabel = 1.666) nilai signifikansi sebesar 0,000 yang artinya < 0,05 dan nilai t-hitung > t-tabel yaitu 3.998> 1.666. Maka kesimpulannya bahwa Ha  diterima dan H0  ditolak, dengan demikian terdapat pengaruh media papan flanel terhadap minat belajar IPA siswa kelas V MI An-Nur Kota Cirebon.

References

Anwar, Muhammad. Menjadi Guru Profesional. 1st ed. Jakarta: Prenadamedia Grup, 2018.

Arikunto, S. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Astiani, Novi, Momoh Halimah, and Syarip Hidayat. “Pengaruh Media Papan Flanel Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5, no. 2 (2018): 317–25.

Elpira, Nira, and Anik Ghufron. “Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Terhadap Minat Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD.” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 2, no. 1 (2015): undefined-undefined. https://doi.org/10.21831/tp.v2i1.5207.

Fauziah, Amini, Asis Rosnaningsih, and Samsul Azhar. “Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang.” JPSD 4, no. 1 (2017): 48.

Jennah, Rodhatul. Media Pembelajaran. Banjarmasin: Antasari Press, 2009.

Masunah, Neneng, and Yanuardi. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dan Minat Belajar Siwa Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV SDN Bantarkambing 03 Kecamatan Rancabungur Kabupaten Bogor.” Pedidikan Guru Sekolah Dasar 7, no. 2 (2018): 170–86.

Sakti, Hadi Gunawan, and Hamzah Farhan. “Pengaruh Media Papan Flanel Terhadap Minat Belajar Siswa.” Jurnal Paedagogy 7, no. 3 (2020): 226–31.

Simbolon, Naeklan. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik.” Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pendidikan Dasar 1. No. 2, no. 2407–4934 (2013): 14–19.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. 24th ed. Bandung: Alfabeta, 2016.

———. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. 25th ed. Bandung: Alfabeta, 2017.

Susilana, Rudi, and Cepi Riyana. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima, 2009.

Zulhulaifah, M H, and Selvi Wulandari. “Analisis Penggunaan Media Papan Planel Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Materi Rantai Makanan Di Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Cahaya 3, no. 2 (2021): 26–34.

Downloads

Published

2023-06-20