Pengaruh Media Papan Flanel Terhadap Minat Belajar IPA Siswa Kelas V Di MI An-Nur Kota Cirebon
Keywords:
Media Papan Flanel, Minat Belajar Siswa, IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penggunaan media papan flanel pada pembelajaran IPA di kelas V MI An-Nur Kota Cirebon (2) mengetahui minat belajar IPA siswa kelas V MI An-Nur Kota Cirebon (3) mengetahui pengaruh penggunaan media papan flanel terhadap minat belajar IPA siswa kelas V MI An-Nur Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan tes berupa soal pilihan ganda. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang terbagi dalam dua kelas yakni V.1 berjumlah 39 siswa sebagai kelas eksperimen dan V.2 berjumlah 39 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan uji-t independen sample T-Test. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa minat belajar siswa kelas V.1 yang pembelajaran yang menggunakan media papan flanel lebih baik dibandingkan dengan tidak menggunakan media papan flanel. Hal tersebut dibuktikan Dengan hasil uji determinasi nilai R Square (Koefisien determinasi) sebesar 0,199 x 100 = 19,9%.. Interpretasinya adalah pengaruh variabel x atau bebas (Media Papan Flanel) terhadap variabel y atau terikat (Minat Belajar) adalah 19,9%. Sedangkan sisanya sebesar (100%-19,9% = 80,1%) dipengaruhi oleh faktor lain. Serta pengujian hipotesis menggunakan Independen Sample T-Test dan di peroleh pada taraf kesalahan 5% (T-Tabel = 1.666) nilai signifikansi sebesar 0,000 yang artinya < 0,05 dan nilai t-hitung > t-tabel yaitu 3.998> 1.666. Maka kesimpulannya bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, dengan demikian terdapat pengaruh media papan flanel terhadap minat belajar IPA siswa kelas V MI An-Nur Kota Cirebon.
References
Anwar, Muhammad. Menjadi Guru Profesional. 1st ed. Jakarta: Prenadamedia Grup, 2018.
Arikunto, S. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
Astiani, Novi, Momoh Halimah, and Syarip Hidayat. “Pengaruh Media Papan Flanel Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5, no. 2 (2018): 317–25.
Elpira, Nira, and Anik Ghufron. “Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Terhadap Minat Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD.” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 2, no. 1 (2015): undefined-undefined. https://doi.org/10.21831/tp.v2i1.5207.
Fauziah, Amini, Asis Rosnaningsih, and Samsul Azhar. “Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang.” JPSD 4, no. 1 (2017): 48.
Jennah, Rodhatul. Media Pembelajaran. Banjarmasin: Antasari Press, 2009.
Masunah, Neneng, and Yanuardi. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dan Minat Belajar Siwa Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV SDN Bantarkambing 03 Kecamatan Rancabungur Kabupaten Bogor.” Pedidikan Guru Sekolah Dasar 7, no. 2 (2018): 170–86.
Sakti, Hadi Gunawan, and Hamzah Farhan. “Pengaruh Media Papan Flanel Terhadap Minat Belajar Siswa.” Jurnal Paedagogy 7, no. 3 (2020): 226–31.
Simbolon, Naeklan. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik.” Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pendidikan Dasar 1. No. 2, no. 2407–4934 (2013): 14–19.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. 24th ed. Bandung: Alfabeta, 2016.
———. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. 25th ed. Bandung: Alfabeta, 2017.
Susilana, Rudi, and Cepi Riyana. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima, 2009.
Zulhulaifah, M H, and Selvi Wulandari. “Analisis Penggunaan Media Papan Planel Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Materi Rantai Makanan Di Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Cahaya 3, no. 2 (2021): 26–34.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nida Padlillah, Atikah Syamsi, Ummi Nur Rokhmah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright and License Statement
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
The copyright for each article in An-Nashr : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan belongs to the author under a Creative Commons CC BY 4.0 license:
- The author allows An-Nashr to be the first to publish the article under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0).
- Authors are free to share their published work elsewhere (e.g., in their institution’s repository or as part of a book), as long as they acknowledge that it was first published in An-Nashr.
License:
An-Nashr : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan is published under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). This license allows anyone to copy, share, modify, and create derivative works for any purpose, including commercial use, as long as credit is given to the original author.



