Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Menggunakan Media Flascard di SD Negeri 2 Samuda Kec. Daha Selatan Kab. Hulu Sungai Selatan
Keywords:
Media Flashcard, Media Pembelajaran, Kemampuan MenulisAbstract
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 di SD Negeri 2 Samuda Kec. Daha Selatan Kab. Hulu Sungai Selatan, Provinsi Kalimantan Selatan. Tujuannya adalah meningkatkan kemampuan menulis siswa pada mata pelajaran Bahasa Indoneisa dengan menggunakan media flashcard di kelas 1 SD Negeri 2 Samuda. Dua siklus dilakukan, fokus pada kemampuan menulis siswa mengenai membedakan huruf besar dan kecil. Subjek penelitian adalah 24 siswa Kelas 1, dengan pengumpulan data melalui dokumentasi dan tes. Indikator keberhasilan adalah jika rata-rata nilai harian siswa ≥ 80% di atas nilai 60. Hasil Siklus I belum mencapai indikator, hanya 54% siswa yang memperoleh nilai ≥ 60. Pada Siklus II, 83,3% siswa memperoleh nilai ≥ 60, menunjukkan keberhasilan penelitian. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media flashcard dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa di SD Negeri 2 Samuda.
References
Arsad, A. (2017). Media pembelajaran. Rajawali Pers.
Hotimah, E. (2017). Penggunaan Media Flashcard dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Kelas II MI Ar-Rochman Samarang Garut. Jurnal Pendidikan UNIGA, 4(1), 10–18. https://doi.org/10.52434/jp.v4i1.30
Indriana, D. (2011). Ragam Alat bantu Media Pengajaran. Diva Press.
Irawan, R. W., Nugrahani, F., & Sudiyana, B. (2023). Pengembangan Media Flash Card dalam Penguatan Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Deskriptif Siswa SMP. ALFABETA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.33503/alfabeta.v6i2.3515
Kunandar. (2012). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru (Cet. Ke-5). PT RajaGrafindo Persada.
Logayah, D. S., Salira, A. B., Kirani, K., Tianti, T., & Darmawan, R. A. (2023). Pengembangan Augmented Reality Melalui Metode Flash Card Sebagai Media Pembelajaran IPS. Jurnal Basicedu, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4419
Novitasari, N., Rosyida, E. A., Maslakah, S., Azkiyya, C., & Shofiyana, A. (2023). Pelatihan Pembuatan Flash Card untuk Mengembangkan Kreatifitas Guru PAUD dalam Mengajar. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 245–258. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.142
Nugrahani, R. (2007). Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar. Lembaran Ilmu Kependidikan, 36(1), Article 1. https://doi.org/10.15294/lik.v36i1.524
Nurfatanah, N., Rusmono, R., & Nurjannah, N. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/10204
Parnawi, A. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Deepublish.
Permadi, N. E. (2016). Masalah-Masalah Yang Dihadapi Peserta Didik Dalam Perencanaan Karir Dan Implikasinya Terhadap Pelayanan Bimbingan Karir. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.30870/jpbk.v1i2.1871
Safa’ah, A., & M, N. R. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Berbasis Indigenousasi dengan Media Flash Card. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.54471/bidayatuna.v4i2.1253
Simbolon, N. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v1i2.1323
Suryono. (1997). Proses Belajar Mengajar , (Jakarta: Kencana,1997), h. 5. Kencana.
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana Prenada Media Group.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Syarifah, Puspa Riani Nasution, Marjuki Zulziar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright and License Statement
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
The copyright for each article in An-Nashr : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan belongs to the author under a Creative Commons CC BY 4.0 license:
- The author allows An-Nashr to be the first to publish the article under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0).
- Authors are free to share their published work elsewhere (e.g., in their institution’s repository or as part of a book), as long as they acknowledge that it was first published in An-Nashr.
License:
An-Nashr : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan is published under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). This license allows anyone to copy, share, modify, and create derivative works for any purpose, including commercial use, as long as credit is given to the original author.



