Dampak Positif Program Pelatihan Tahsin Surah Al-Fatihah Bagi Ibu-Ibu Desa Bangkiling Raya

Authors

  • Ahmad Rifa’i Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an Amuntai
  • Ahlal Kamal Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an Amuntai
  • Halimatus Sa'diah Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an Amuntai, Indonesia
  • Vina Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an Amuntai
  • Zahratun Nazirah Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an Amuntai

Keywords:

Tahsin Al-Fatihah, Desa Bangkiling Raya, Pelatihan

Abstract

Surah Al-Fatihah yang terdiri dari tujuh ayat merupakan rukun wajib dalam shalat menurut mayoritas ulama, jika Al-Fatihah tidak dibaca atau tidak lengkap, shalat dianggap tidak sah. Oleh karena itu pentingnya membaca Al-Fatihah dengan baik dan benar tidak dapat dipandang remeh, karena kualitas bacaan berpengaruh diterimanya ibadah shalat. Dengan adanya program pelatihan tahsin Al-Fatihah, peserta memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas bacaan Al-Fatihah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak positif dari program pelatihan tahsin surah Al-Fatihah bagi ibu-ibu desa Bangkiling Raya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara terhadap peserta tahsin Al-Fatihah, dan adapun teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program tahsin surah Al-Fatihah memberikan dampak positif bagi ibu-ibu di Desa Bangkiling Raya, meningkatkan kualitas bacaan surah Al-Fatihah, meningkatkan motivasi dalam memperbaiki bacaan Al-Qur’an, serta menjadi wadah bagi para ibu untuk saling mengenal dan mempererat silaturahmi.

References

Abdussamad, Zuchri. Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV. Syakir Media Press, 2021.

Anggito, Albi, and Johan Setiawan. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak Publisher, 2018.

Chodjim, Ahmad. Alfatihah Membuka Mata Batin Dengan Surah Pembuka. Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta, 2008.

Doriza, Novi Revolina, Ngadri Yusro, and Dina Hajjah Ristianti. “Implementasi Program Kokurikuler Tahsin Dalam Meningkatkan Minat Dan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Rejang Lebong.” Jurnal Literasiologi 10, no. 1 (August 10, 2023). Accessed December 5, 2024. https://jurnal.literasikitaindonesia.com/index.php/literasiologi/article/view/566.

Istiqomah, Istiqomah, Budiyono Saputro, Nurita Parera, Nuning Maghfiroh, and Ahmad Ichya’Ulumuddin. “Service Learning Bagi Komunitas Ibu Rumah Tangga Dalam Pelafalan Surah Al-Fatihah Sesuai Makhorijul Huruf Dengan Metode Ummi Di Dusun Konang.” Community: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4, no. 01 (2024): 1–11.

Ramadhan, Muhammad. Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara, 2021.

Sidiq, Umar, and Moh. Miftahul Choiri. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya, 2019.

Downloads

Published

2024-12-25