Dampak Positif Program Pelatihan Tahsin Surah Al-Fatihah Bagi Ibu-Ibu Desa Bangkiling Raya
Keywords:
Tahsin Al-Fatihah, Desa Bangkiling Raya, PelatihanAbstract
Surah Al-Fatihah yang terdiri dari tujuh ayat merupakan rukun wajib dalam shalat menurut mayoritas ulama, jika Al-Fatihah tidak dibaca atau tidak lengkap, shalat dianggap tidak sah. Oleh karena itu pentingnya membaca Al-Fatihah dengan baik dan benar tidak dapat dipandang remeh, karena kualitas bacaan berpengaruh diterimanya ibadah shalat. Dengan adanya program pelatihan tahsin Al-Fatihah, peserta memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas bacaan Al-Fatihah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak positif dari program pelatihan tahsin surah Al-Fatihah bagi ibu-ibu desa Bangkiling Raya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara terhadap peserta tahsin Al-Fatihah, dan adapun teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program tahsin surah Al-Fatihah memberikan dampak positif bagi ibu-ibu di Desa Bangkiling Raya, meningkatkan kualitas bacaan surah Al-Fatihah, meningkatkan motivasi dalam memperbaiki bacaan Al-Qur’an, serta menjadi wadah bagi para ibu untuk saling mengenal dan mempererat silaturahmi.
References
Abdussamad, Zuchri. Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV. Syakir Media Press, 2021.
Anggito, Albi, and Johan Setiawan. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak Publisher, 2018.
Chodjim, Ahmad. Alfatihah Membuka Mata Batin Dengan Surah Pembuka. Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta, 2008.
Doriza, Novi Revolina, Ngadri Yusro, and Dina Hajjah Ristianti. “Implementasi Program Kokurikuler Tahsin Dalam Meningkatkan Minat Dan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Rejang Lebong.” Jurnal Literasiologi 10, no. 1 (August 10, 2023). Accessed December 5, 2024. https://jurnal.literasikitaindonesia.com/index.php/literasiologi/article/view/566.
Istiqomah, Istiqomah, Budiyono Saputro, Nurita Parera, Nuning Maghfiroh, and Ahmad Ichya’Ulumuddin. “Service Learning Bagi Komunitas Ibu Rumah Tangga Dalam Pelafalan Surah Al-Fatihah Sesuai Makhorijul Huruf Dengan Metode Ummi Di Dusun Konang.” Community: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4, no. 01 (2024): 1–11.
Ramadhan, Muhammad. Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara, 2021.
Sidiq, Umar, and Moh. Miftahul Choiri. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya, 2019.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ahmad Rifa’i, Ahlal Kamal, Halimatus Sa'diah, Vina, Zahratun Nazirah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright and License Statement
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
The copyright for each article in An-Nashr : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan belongs to the author under a Creative Commons CC BY 4.0 license:
- The author allows An-Nashr to be the first to publish the article under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0).
- Authors are free to share their published work elsewhere (e.g., in their institution’s repository or as part of a book), as long as they acknowledge that it was first published in An-Nashr.
License:
An-Nashr : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan is published under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). This license allows anyone to copy, share, modify, and create derivative works for any purpose, including commercial use, as long as credit is given to the original author.



