Penerapan Metode Tilawati Paud Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Huruf Hijaiyah Di Rumah Tahfidz Balita Dan Anak (Rutaba) Az-Zein Desa Bungin

Authors

  • Nahdiyati Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Amuntai
  • Noor Hayati Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Amuntai
  • Ahmad Rifa’i Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Amuntai

Keywords:

Metode Tilawati, Keterampilan Membaca, Tahfiz Balita dan Anak

Abstract

Metode Tilawati merupakan salah satu metode yang digunakan dalam belajar membaca Al-Qur’an. Metode Tilawati adalah metode pembelajaran Al-Qur’an yang sudah banyak berkembang di seluruh Indonesia. Pembelajaran metode tilawati di rumah tahfidz balita dan anak (RUTABA) Az-Zein Desa Bungin, Kecamatan Banua Lawas, Kabupaten Tabalong selama ini telah terlaksana dengan baik dan lancar. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan para santri dalam membaca Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti tentang penerapan metode Tilawati untuk meningkatkan keterampilan membaca al-qur’an di RUTABA Az-Zein Desa Bungin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif  dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah kefasihan melafalkan huruf hijaiyah. Secara keseluruhan, penerapan metode Tilawati telah memberikan kontribusi positif dalam pembelajaran Al-Qur’an di Rutaba Az-Zein dan dapat menjadi model yang efektif untuk pembelajaran serupa di tempat lain.

References

Andi Prastowo, Metode Penelitian Kualitatif: Dalam Perspektif Rancangan Penelitian, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.

Amin, Muhammad, dan Muhammad Ramli. “Implementasi Metode Tilawati dalam Pembelajaran Al-Qur’an pada Anak-anak di TPA Al Falah Unit 081 Kota Banjarbaru.” Al Falah 19, no. 2 (2019).

Bachri, Bachtiar. “Meyakinkan Validitas Melalui Trianggulasi Pada Penelitian Kualitatif.” Jurnal Teknologi Pendidikan Volume 6, no. Nomer 1 (t.t.).

dr. Mustafa Al-Siba’i. Tafsir Al-Qur’an Al-Karim, t.t.

Imrotun. “Pembelajaran Huruf Hijaiyah Bagi Anak Usia Dini.” Proceedinga ot The 2nd Annual Conference on Islamic Early Childhood Education 2 (2017).

Lexy J, Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007.

Muaffa, Ali, Abdurrahim Hasan, Muhammad Arif, dan Abdur Rouf. Strategi Pembelajaran Al-qur’an Metode Tilawati. Surabaya: Pesantren Al-qur’an Nurul Falah Surabaya, 2018.

Mulyani, Hetty, dan Maryono. “Implementasi Metode Qiroati dalam Pembelajaran Al-qur’an.” Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 2 (2019).

Munashir, Ahmad, Ahmadi, Ahmad Zulfikri, dan Muhammad Nafis. “Penerapan Metode Tilawati Remaja untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-qur’an di MAS Sulaiman Yasin Sei Durian.” Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab 7, no. 2 (2024).

Nurhayan, dan Muhajir. “Implementasi Metode Tilawati dan Metode Iqro’ dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-qur’an di SD Islam Al-Azhar dan Sdit Nur El-Qolam kabupaten Serang.” Qathruna 7, no. 2 (2020).

Ramadhan, Muhammad. Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara, 2021.

Syaikhon, Muhammad. “Penerapan Metode Tilawati dalam Pembelajaran Al-qur’an pada Anak Usia Dini di Kb Taam Adinda Manganti Gesik.” Education and Human Development Journal 2, no. 1 (2017).

Downloads

Published

2025-06-30