Penerapan Metode Tilawati Paud Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Huruf Hijaiyah Di Rumah Tahfidz Balita Dan Anak (Rutaba) Az-Zein Desa Bungin
Keywords:
Metode Tilawati, Keterampilan Membaca, Tahfiz Balita dan AnakAbstract
Metode Tilawati merupakan salah satu metode yang digunakan dalam belajar membaca Al-Qur’an. Metode Tilawati adalah metode pembelajaran Al-Qur’an yang sudah banyak berkembang di seluruh Indonesia. Pembelajaran metode tilawati di rumah tahfidz balita dan anak (RUTABA) Az-Zein Desa Bungin, Kecamatan Banua Lawas, Kabupaten Tabalong selama ini telah terlaksana dengan baik dan lancar. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan para santri dalam membaca Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti tentang penerapan metode Tilawati untuk meningkatkan keterampilan membaca al-qur’an di RUTABA Az-Zein Desa Bungin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah kefasihan melafalkan huruf hijaiyah. Secara keseluruhan, penerapan metode Tilawati telah memberikan kontribusi positif dalam pembelajaran Al-Qur’an di Rutaba Az-Zein dan dapat menjadi model yang efektif untuk pembelajaran serupa di tempat lain.
References
Andi Prastowo, Metode Penelitian Kualitatif: Dalam Perspektif Rancangan Penelitian, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.
Amin, Muhammad, dan Muhammad Ramli. “Implementasi Metode Tilawati dalam Pembelajaran Al-Qur’an pada Anak-anak di TPA Al Falah Unit 081 Kota Banjarbaru.” Al Falah 19, no. 2 (2019).
Bachri, Bachtiar. “Meyakinkan Validitas Melalui Trianggulasi Pada Penelitian Kualitatif.” Jurnal Teknologi Pendidikan Volume 6, no. Nomer 1 (t.t.).
dr. Mustafa Al-Siba’i. Tafsir Al-Qur’an Al-Karim, t.t.
Imrotun. “Pembelajaran Huruf Hijaiyah Bagi Anak Usia Dini.” Proceedinga ot The 2nd Annual Conference on Islamic Early Childhood Education 2 (2017).
Lexy J, Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007.
Muaffa, Ali, Abdurrahim Hasan, Muhammad Arif, dan Abdur Rouf. Strategi Pembelajaran Al-qur’an Metode Tilawati. Surabaya: Pesantren Al-qur’an Nurul Falah Surabaya, 2018.
Mulyani, Hetty, dan Maryono. “Implementasi Metode Qiroati dalam Pembelajaran Al-qur’an.” Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 2 (2019).
Munashir, Ahmad, Ahmadi, Ahmad Zulfikri, dan Muhammad Nafis. “Penerapan Metode Tilawati Remaja untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-qur’an di MAS Sulaiman Yasin Sei Durian.” Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab 7, no. 2 (2024).
Nurhayan, dan Muhajir. “Implementasi Metode Tilawati dan Metode Iqro’ dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-qur’an di SD Islam Al-Azhar dan Sdit Nur El-Qolam kabupaten Serang.” Qathruna 7, no. 2 (2020).
Ramadhan, Muhammad. Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara, 2021.
Syaikhon, Muhammad. “Penerapan Metode Tilawati dalam Pembelajaran Al-qur’an pada Anak Usia Dini di Kb Taam Adinda Manganti Gesik.” Education and Human Development Journal 2, no. 1 (2017).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nahdiyati; Noor Hayati; Ahmad Rifa’i

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright and License Statement
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
The copyright for each article in An-Nashr : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan belongs to the author under a Creative Commons CC BY 4.0 license:
- The author allows An-Nashr to be the first to publish the article under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0).
- Authors are free to share their published work elsewhere (e.g., in their institution’s repository or as part of a book), as long as they acknowledge that it was first published in An-Nashr.
License:
An-Nashr : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan is published under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). This license allows anyone to copy, share, modify, and create derivative works for any purpose, including commercial use, as long as credit is given to the original author.



