Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Kelas XC SMAN 3 Banjarmasin Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation

Authors

  • Nonong Rahimah Universitas PGRI Kalimantan
  • Asyari Asyari Universitas PGRI Kalimantan

Keywords:

Group Investigation, Aktivitas Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas XC SMA Negeri 3 Banjarmasin setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada mata pelajaran Informatika. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Siklus I dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan dan Siklus II sebanyak tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XC SMA Negeri 3 Banjarmasin dengan jumlah 38 siswa. Objek penelitian ini adalah hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas siswa pada siklus I dengan rata-rata persentase 78,33%, terjadi peningkatan pada siklus II dengan rata-rata persentase 89,56%; (2) Hasil belajar siswa pada siklus I untuk ketuntasan klasikal persentase 89,5% dengan rata-rata nilai berdasarkan ketuntasan individual adalah 88,78, terjadi peningkatan pada siklus II untuk ketuntasan klasikal persentase 100% dengan rata-rata nilai berdasarkan ketuntasan individual adalah 91,86. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa di kelas XC SMAN 3 Banjarmasin.

References

Amin, and Linda Yurike Susan Sumendap. 164 Model Pembelajaran Kontemporer. Bekasi: Pusat Penerbitan LPPM, 2022.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2014.

Hariri, M., Eli Masnawati, and Didit Darmawan. “Pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin Belajar Dan Metode Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Nurul Huda Al-Mashudi Sampang.” Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 22, no. 02 (June 30, 2024): 24–33.

Helmiati. Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2012.

Mapaung, Y. “Pendekatan Multikultural Dalam Pembelajaran Matematika.” Semarang: Unnes Semarang, 2006.

Saptadi, Norbertus Tri Suswanto, Desty Endrawati Subroto, Ledy Nurlely, Abdul Latif, Siti Hajar Loilatu, Rifa Rizqiyani, Sutrisno Sadji Evenddy, et al. Psikologi Pembelajaran. Banten: Sada Kurnia Pustaka, 2023.

Sunaryati, Titin, Widya Apriyanti, Ayu Nurmala, Nayla Amalia, and Nur Awalia Sholicha. “Efektivitas Penerapan Pembelajaran Terpadu Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar” 5, no. 3 (September 1, 2024). Accessed December 22, 2024. https://ijurnal.com/1/index.php/jipk/article/view/94.

Suriansyah, Ahamad, Aslamiah, Sulaiman, and Noorhafizah. Strategi Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2014.

Wijaya, Febditya Aji, Mawardi Mawardi, and Krisma Widi Wardani. “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Grup Investigation pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar.” Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 5, no. 2 (April 30, 2018): 149.

Downloads

Published

2024-12-25