Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Kelas XC SMAN 3 Banjarmasin Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation
Keywords:
Group Investigation, Aktivitas Belajar Siswa, Hasil Belajar SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas XC SMA Negeri 3 Banjarmasin setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada mata pelajaran Informatika. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Siklus I dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan dan Siklus II sebanyak tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XC SMA Negeri 3 Banjarmasin dengan jumlah 38 siswa. Objek penelitian ini adalah hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas siswa pada siklus I dengan rata-rata persentase 78,33%, terjadi peningkatan pada siklus II dengan rata-rata persentase 89,56%; (2) Hasil belajar siswa pada siklus I untuk ketuntasan klasikal persentase 89,5% dengan rata-rata nilai berdasarkan ketuntasan individual adalah 88,78, terjadi peningkatan pada siklus II untuk ketuntasan klasikal persentase 100% dengan rata-rata nilai berdasarkan ketuntasan individual adalah 91,86. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa di kelas XC SMAN 3 Banjarmasin.
References
Amin, and Linda Yurike Susan Sumendap. 164 Model Pembelajaran Kontemporer. Bekasi: Pusat Penerbitan LPPM, 2022.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2014.
Hariri, M., Eli Masnawati, and Didit Darmawan. “Pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin Belajar Dan Metode Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Nurul Huda Al-Mashudi Sampang.” Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 22, no. 02 (June 30, 2024): 24–33.
Helmiati. Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2012.
Mapaung, Y. “Pendekatan Multikultural Dalam Pembelajaran Matematika.” Semarang: Unnes Semarang, 2006.
Saptadi, Norbertus Tri Suswanto, Desty Endrawati Subroto, Ledy Nurlely, Abdul Latif, Siti Hajar Loilatu, Rifa Rizqiyani, Sutrisno Sadji Evenddy, et al. Psikologi Pembelajaran. Banten: Sada Kurnia Pustaka, 2023.
Sunaryati, Titin, Widya Apriyanti, Ayu Nurmala, Nayla Amalia, and Nur Awalia Sholicha. “Efektivitas Penerapan Pembelajaran Terpadu Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar” 5, no. 3 (September 1, 2024). Accessed December 22, 2024. https://ijurnal.com/1/index.php/jipk/article/view/94.
Suriansyah, Ahamad, Aslamiah, Sulaiman, and Noorhafizah. Strategi Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2014.
Wijaya, Febditya Aji, Mawardi Mawardi, and Krisma Widi Wardani. “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Grup Investigation pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar.” Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 5, no. 2 (April 30, 2018): 149.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nonong Rahimah, Asyari Asyari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright and License Statement
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
The copyright for each article in An-Nashr : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan belongs to the author under a Creative Commons CC BY 4.0 license:
- The author allows An-Nashr to be the first to publish the article under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0).
- Authors are free to share their published work elsewhere (e.g., in their institution’s repository or as part of a book), as long as they acknowledge that it was first published in An-Nashr.
License:
An-Nashr : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan is published under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). This license allows anyone to copy, share, modify, and create derivative works for any purpose, including commercial use, as long as credit is given to the original author.



