Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Statistika di SMAN 3 Banjarmasin
Keywords:
Problem Based Learning, Statistika, Pengembangan E-ModulAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media E-Modul interaktif berbasis Problem Based Learning pada materi Statistika kelas XII SMAN 3 Banjarmasin. Peneliti membuat media dengan bantuan software Flip pdf Corporate. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), dengan model ADDIE, adapun lima tahapan model pengembangan ADDIE antara lain (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Hasil dari penelitian ini adalah produk berupa E-Modul interaktif berbasis Problem Based Learning pada materi Statistika kelas XII. Produk yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dengan rata-rata skor validasi 3,55, sangat praktis dengan skor kepraktisan 3,54, dan sangat efektif berdasarkan ketuntasan klasikal 87%. Berdasarkan data tersebut maka e-modul layak digunakan dalam pembelajaran karena telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.
References
Aryanti et al., “Model Problem Based Learning Di Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka”, Prosiding Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian, (2023), h.1916.
Fitrio, Danuari Beni & Merliza Pika. “Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Matematika Interaktif dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Siswa Kelas VIII SMP”. Suska Journal of Mathematics Education 9. No 1 (2023):128
Gusrianto, Revi., & Rahmi, Ulfia. “Pengembangan E-Modul Pada Mata Pelajaran Informatika Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Kelas VII SMP”. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan 11, no. 2 (2022): 174
Herawati, N. S., & Muhtadi, A. “Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran kimia kelas XI SMA”. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 5, no. 2 (2018): 180-191.
Kholisah, Siti & Qohar, Abd. “Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android Pada Materi Persamaan Garis Lurus”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 9, no. 1 (2024):106
Nisa, H. A., Mujib, M., & Putra, R. W. Y. “Efektivitas E-Modul Dengan Flip PDF Professional Berbasis Gamifikasi Terhadap Siswa SMP”. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia 5, no. 02 (2020): 13-25.
Sumiati. “Rancangan Penelitian dan Pengembangan (R & D) Pendidikan Agama Islam”. Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Kemasyarakatan 6, no. 1 (2024): 17-19.
Wulandari, Presthia. “Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif”. MUSAMUS 1, no. 2 (2019): 80-89.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nonong Rahimah, Asyari Asyari, Kenti Yuliana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright and License Statement
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
The copyright for each article in An-Nashr : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan belongs to the author under a Creative Commons CC BY 4.0 license:
- The author allows An-Nashr to be the first to publish the article under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0).
- Authors are free to share their published work elsewhere (e.g., in their institution’s repository or as part of a book), as long as they acknowledge that it was first published in An-Nashr.
License:
An-Nashr : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan is published under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). This license allows anyone to copy, share, modify, and create derivative works for any purpose, including commercial use, as long as credit is given to the original author.



