Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Statistika di SMAN 3 Banjarmasin

Authors

  • Nonong Rahimah Universitas PGRI Kalimantan
  • Asyari Asyari Universitas PGRI Kalimantan
  • Kenti Yuliana Universitas PGRI Kalimantan

Keywords:

Problem Based Learning, Statistika, Pengembangan E-Modul

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media E-Modul interaktif  berbasis Problem Based Learning pada materi Statistika kelas XII SMAN 3 Banjarmasin. Peneliti membuat media dengan bantuan software Flip pdf Corporate. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), dengan model ADDIE, adapun lima tahapan model pengembangan ADDIE antara lain (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Hasil dari penelitian ini adalah produk berupa E-Modul interaktif berbasis Problem Based Learning pada materi Statistika kelas XII. Produk yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dengan rata-rata skor validasi 3,55, sangat praktis dengan skor kepraktisan 3,54, dan sangat efektif berdasarkan ketuntasan klasikal 87%. Berdasarkan data tersebut maka e-modul layak digunakan dalam pembelajaran karena telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

References

Aryanti et al., “Model Problem Based Learning Di Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka”, Prosiding Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian, (2023), h.1916.

Fitrio, Danuari Beni & Merliza Pika. “Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Matematika Interaktif dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Siswa Kelas VIII SMP”. Suska Journal of Mathematics Education 9. No 1 (2023):128

Gusrianto, Revi., & Rahmi, Ulfia. “Pengembangan E-Modul Pada Mata Pelajaran Informatika Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Kelas VII SMP”. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan 11, no. 2 (2022): 174

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. “Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran kimia kelas XI SMA”. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 5, no. 2 (2018): 180-191.

Kholisah, Siti & Qohar, Abd. “Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android Pada Materi Persamaan Garis Lurus”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 9, no. 1 (2024):106

Nisa, H. A., Mujib, M., & Putra, R. W. Y. “Efektivitas E-Modul Dengan Flip PDF Professional Berbasis Gamifikasi Terhadap Siswa SMP”. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia 5, no. 02 (2020): 13-25.

Sumiati. “Rancangan Penelitian dan Pengembangan (R & D) Pendidikan Agama Islam”. Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Kemasyarakatan 6, no. 1 (2024): 17-19.

Wulandari, Presthia. “Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif”. MUSAMUS 1, no. 2 (2019): 80-89.

Downloads

Published

2025-06-30