Meningkatkan Pembelajaran Melalui Implementasi Quizizz dalam Konteks Pendidikan Digital
Keywords:
Quizizz, Pembelajaran Online, Evaluasi PembelajaranAbstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa dampak yang signifikan pada sektor pendidikan, mendorong kemunculan media pembelajaran berbasis online yang interaktif. Quizizz, sebagai salah satu platform populer dalam pembelajaran online, menawarkan fitur interaktif yang dapat memperkaya proses pembelajaran. Penelitian ini bermaksud untuk mengeksplorasi implementasi Quizizz dalam pembelajaran dan menganalisis dampaknya terhadap proses pembelajaran serta pencapaian siswa. Metode penelitian yang diterapkan adalah penelitian tindakan kelas dengan dukungan library research. Quizizz diintegrasikan dengan metode pembelajaran yang telah terdapat dalam kurikulum. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi terhadap interaksi siswa dengan Quizizz, analisis literatur yang relevan, dan evaluasi hasil ujian atau kuis yang diimplementasikan. Guru juga memberikan umpan balik melalui fitur penilaian otomatis untuk memahami tingkat pemahaman siswa. Hasil Penelitian menuntukkan bahwa implementasi Quizizz dalam pembelajaran menunjukkan kontribusi positif. Siswa menunjukkan tingkat partisipasi yang lebih tinggi, didorong oleh fitur interaktif dan tantangan yang ditawarkan platform ini. Guru dapat memantau kemajuan siswa secara real-time dan memberikan umpan balik yang cepat. Meskipun demikian, tantangan teknis, seperti akses terbatas dan kendala teknis, diidentifikasi sebagai hambatan potensial. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disumpulkan bahwa dengan mengintegrasikan Quizizz dalam pembelajaran, dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan memperkaya proses pembelajaran. Meskipun tantangan teknis perlu diatasi, penggunaan media pembelajaran berbasis online seperti Quizizz menjanjikan sebagai alat yang efektif dalam menghadapi dinamika pendidikan di era digital saat ini.
References
Answir, dan Basyaruddin Usman. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers, 2007.
Azhar Arsyad. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press, 2015.
Daryanto. Media pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media, 2010.
Ismail, M Ilyas. Teknologi pembelajaran sebagai media pembelajaran. Cendekia Publisher, 2020.
M.Pd, Cecep Kustandi, dan Dr Daddy Darmawan M.Si. Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyrakat. Prenada Media, 2020.
Mukharomah, Nafi’. “PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA PENILAIAN BERBASIS DARING DI MI AL MUQORROBIYAH.” WANIAMBEY : Jurnal Pendidikan Dasar Islam 2, no. 1 (10 Agustus 2021): 12–20. https://doi.org/10.53837/waniambey.v2i1.52.
Munadi, Yudhi. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada GP Press, 2008.
Ngatiningsih, Endang. “Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Online Menggunakan Quizizz dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Pembelajaran Akidah Akhlak di Man Kota Magelang.” Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia, 2020.
Oetomo, Budi Sutedjo Dharma. “E-Education: Konsep, teknologi dan aplikasi internet pendidikan.” Yogyakarta: Andi, 2002.
Permatasari, Risa Ayu. “Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Desember 202,” t.t.
Pribadi, Benny A. Media & teknologi dalam pembelajaran. Prenada Media, 2017.
Purba, Leony Sanga Lamsari. “Peningkatan konsentrasi belajar mahasiswa melalui pemanfaatan evaluasi pembelajaran quizizz pada mata kuliah kimia fisika I.” Jurnal Dinamika Pendidikan 12, no. 1 (2019): 29–39.
Riyana, Cepi, dan Rudi Susilana. “Media pembelajaran: Hakikat, pengembangan, pemanfaatan dan penilaian.” Bandung: CV wacana prima, 2009.
Ronal H, dan Anderson. Pemilihan dan Pengembangan Media Untuk Pembelajaran. Jakarta: CV Raja Wali, 1987.
Sanaky, Hujair AH. “Media pembelajaran interaktif-inovatif.” Yogyakarta: Kaukaba Dipantara, 2013.
Setiawan, Agung, Sri Wigati, dan Dwi Sulistyaningsih. “Implementasi media game edukasi quizizz untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi sistem persamaan linear tiga variabel kelas x ipa 7 sma negeri 15 semarang tahun pelajaran 2019/2020.” EDUSAINTEK 3 (2019).
Setiyani, R. “Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Dinamika Pendidikan, 5 (2), 117–133,” 2010.
Sugiyono. “Media Elektronik Berbasis Komputer sebagai Media dalam Proses Pembelajaran,” Jurnal Lokakarya, t.t.
Switri, Endang. Teknologi Dan Media Pendidikan Dalam Pembelajaran. Penerbit Qiara Media, 2022.
Tahun 2021, Septy Nurfadhillah, M. Pd dan 4A Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Tangerang. MEDIA PEMBELAJARAN Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. CV Jejak (Jejak Publisher), 2021.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 An-Nashr : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright and License Statement
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
The copyright for each article in An-Nashr : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan belongs to the author under a Creative Commons CC BY 4.0 license:
- The author allows An-Nashr to be the first to publish the article under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0).
- Authors are free to share their published work elsewhere (e.g., in their institution’s repository or as part of a book), as long as they acknowledge that it was first published in An-Nashr.
License:
An-Nashr : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan is published under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). This license allows anyone to copy, share, modify, and create derivative works for any purpose, including commercial use, as long as credit is given to the original author.



