Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Articulate Storyline Pada Pembelajaran IPS SD/MI

Authors

  • Muhammad Nasir Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Amuntai
  • Syarifuddin Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Amuntai
  • Madian Madian Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Amuntai

Keywords:

Ilmu Pengetahuan Alam, Media Pembelajaran, Articulate Storyline

Abstract

Proses pembelajaran di MI Nurul Hidayah Kota Raja masih konvensional, terutama pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).  Minimnya penggunaan media pembelajaran di kelas. Metode pembelajaran yang membosankan tersebut berdampak pada , minat belajar siswa rendah. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan Articulate Storyline dengan tujuan meningkatkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini merupakan Research and Development dan model pengembangan yang digunakan dalam peneliltian ini adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunujukkan bahwa media yang dikembangkan telah layak digunakan sebagai media pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada materi Kenampakan Alam Daratan dan Pemanfaatannya. Simpulan dari hasil kajian peneliti, produk yang dirancang berhasil dibuat dalam bentuk fisik dan digital, bisa disimpan dalam bentuk file maupun diakses di HP android. Media yang dikembangkan juga sudah memenuhi standar kurikulum dan memenuhi standar materi. Simpulan ini diasumsikan dari hasil penilaian ahli materi yang mencapai angka persentasi sebesar 82% dengan kategori sangat layak. Selain itu, produk yang dikembangkan juga bisa digunakan dengan baik dan yang menarik, hasil tersebut disimpulkan dari validasi dua ahli media dengan hasil persentase ahli media 1 sebesar 82% dengan kategori sangat layak, dan hasil ahli media 2 sebesar

References

Hadza, Cahyani, Afridha Sesrita, and Irman Suherman. “Development of Learning Media Based on Articulate Storyline.” Indonesian Journal of Applied Research (IJAR) 1, no. 2 (September 1, 2020): 80–85.

Indriani, Made Sri, I. Wayan Artika, and Dwi Ratih Wahyu Ningtias. “Penggunaan Aplikasi Articulate Storyline Dalam Pembelajaran Mandiri Teks Negosiasi Kelas X Boga Di SMK Negeri 2 Singaraja.” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha 11, no. 1 (May 8, 2021): 25–36.

Karna, Salsabila Dwi, Adrias Adrias, and Aissy Putri Zulkarnaini. “Efektivitas Dan Tantangan Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Di Sekolah Dasar.” Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia 3, no. 2 (April 14, 2025): 319–325.

Maharani, Yuli. “Efektivitas Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Kurikulum 2013.” Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies 3, no. 1 (April 15, 2015): 31–40.

Munir. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi Dan Kominukasi. Bandung: Alfabeta, 2009.

Pratama, Rio Erwan, and Sri Mulyati. “Pembelajaran Daring Dan Luring Pada Masa Pandemi Covid-19.” Gagasan Pendidikan Indonesia 1, no. 2 (December 2, 2020): 49–59.

Sihombing, Lamhot Basani. “Indonesia Berkabung Dalam Masalah-Masalah Pendidikan Indonesia.” JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT 20, no. 78 (December 1, 2014): 70–77.

Sukring. “Pendidik Dalam Pengembangan Kecerdasan Peserta Didik (Analisis Perspektif Pendidikan Islam).” Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah 1, no. 1 (June 17, 2016): 57–68.

Yustika, Rima. “Updating The Higher Education Curriculum In Education And Informatics Study Programs In The Era Of The Industrial Revolution 4.0.” PARENTAS: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Teknologi dan Kejuruan 10, no. 2 (December 30, 2024): 80–86.

Downloads

Published

2025-06-25

Most read articles by the same author(s)