Implementasi Strategi Pertualangan Garis Dan Huruf Dalam Keterampilan Membaca Materi Huruf Dan Kata

Authors

  • Muhammad Majdi Sekolah tinggi Ilmu Qur'an (STIQ) Amuntai
  • Uliyana Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qu’ran Rakha Amuntai
  • Syarifuddin Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qu’ran Rakha Amuntai
  • Hj. Rahimah Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qu’ran Rakha Amuntai

Keywords:

Strategi Pertualangan Garis dan Huruf, Keterampilan Membaca, Materi Huruf dan kata

Abstract

Penelitian ini tentang strategi pertualangan garis dan huruf dalam keterampilan membaca dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi huruf dan kata. Dengan menerapkan pendekatan ini, anak dibekali landasan yang kuat untuk menumbuhkan kemampuan menulisnya. Melalui tahap-tahap berurutan dari metode ini, anak-anak tidak hanya memperoleh keterampilan dasar menulis tetapi juga meningkatkan kecakapan imajinatif dan menyempurnakan koordinasi motorik halus mereka. Selain itu, strategi ini menggabungkan kegiatan kelompok kolaboratif, yang memungkinkan anak-anak mempraktikkan keterampilan menulis kreatif mereka sambil bekerja bersama teman-temannya.Hal tersebut melatar belakangi penelitian ini yang mana peneliti menggunakan strategi tersebut untuk memudahkan anak Metode penelitian ini menggunakan pendekatan  kualitatif. Hasil penelitian implementasi strategi pertualangan garis dan huruf materi huruf dan kata dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia berjalan dengan baik sesuai langkah-langkahnya. Strategi “Petualangan Garis dan Huruf” dirancang untuk mendorong pengembangan kemampuan menulis dengan melibatkan siswa dalam serangkaian tahapan progresif. Tahapan ini mencakup pembentukan huruf, komposisi kata, dan penerapan praktis keterampilan menulis dalam skenario seperti permainan. Sepanjang kegiatan ini, komunikasi efektif dibangun melalui interaksi guru-siswa yang dinamis dan timbal balik, menciptakan lingkungan yang mendorong keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran. Lebih jauh lagi, kolaborasi dibangun ketika siswa menggabungkan kekuatan untuk berpartisipasi dalam aktivitas seperti menyanyikan lagu, bermain permainan kelompok, dan terlibat dalam momen persatuan bersama, seperti bernyanyi dan berdoa, yang berfungsi untuk memperkuat kelas sebagai satu kesatuan yang kohesif.

References

Andi Prastowo, Metode Penelitian Kualitatif: Dalam Perspektif Rancangan Penelitian, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016

Abdurrahman Aufar, Muchlisin Nawawi, dan Nafis Azmi Amrullah. “Nawashibul Mudlori dalam Surat Al-Kahfi (Analisis Sistaksi).” Journal of Arabic Learning and Teaching Vol. 8 No. 2 (2019).

Amirah Diniaty. “Mengembangkan Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran Klasikal oleh Pendidik,” t.t.

Fahmi. “Membaca Permulaan untuk Anak Paud dan SD/MI Kelas Awal,” t.t.

Firman, Syamsiara Nur, dan Moh. Aldi SL.Taim. “Analisis Keterampilan Kolaborasi Siswa SMA pada Pembelajaran Biologi.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi Vol. 7 No. 1 (2023).

Hasan Toyib, Ayler Beniah Ndraha, dan Yasminar Telaumbanua. “Kolaborasi Sumber Daya Manusia dalam Pencapaian Target dan Sasaran Kinerja LKPJ pada Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Nias.” Jurnal Emba Vol. 10 No. 4 (2022).

Sari, Anggun Rosemala, Dias Andris Susanto, and Dwi Budi Rahayu. “Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Explanation Pada Pelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Media Gambar Pada Kelas Xi IPS 1 SMA Negeri 6 Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023.” MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin 1, no. 2 (August 3, 2023): 93–106. https://doi.org/10.60126/maras.v1i2.27.

Susi Alawiyah. “Model Pembelajaran Think Talk Write dan Menulis Karangan Narasi pada Era Disrupsi.” Jurnal Inovasi Pendidikan Vol. 1 No. 8 (2021)

Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif untuk Penelitian yang Bersifat: Eksploratif Interaktif dan Konstruktif ,Bandung: Alfabeta, 2017.

Sugiyono, Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan Disertasi, (Bandung: Alfabeta, 2013.

Downloads

Published

2024-03-11