Transformasi Perkembangan Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Pendidikan Di Indonesia
Keywords:
Transformasi, Perkembangan, Pembelajaran Bahasa ArabAbstract
Di Indonesia, bahasa Arab berkembang sejalan dengan berkembangnya Islam di Nusantara. Pembelajaran bahasa Arab mulanya diajarkan guna keperluan untuk beribadah, berkomunikasi dengan Allah. Lambat laun bahasa Arab diajarkan .dengan tujuan agar lebih mendalami ilmu agama dan ilmu pengetahuan. Tidak heran jika di lembaga pendidikan pemerintahan juga mengajarkan bahasa Arab. Melihat perkembangan tersebut, pasti bahasa Arab mempunyai perjalanan dalam pembelajarannya. Untuk mengetahui perubahan dan perkembangan yang terjadi. Peneliti menelisik lebih dalam mengenai pembelajaran bahasa Arab dengan kajian bahan ajar, metode dan medianya, menggunakan studi kepustakaan atau dalam bahasa Inggris disebut library research, penelitian ini akan disajikan dengan narasi. Dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber kepustakaan seperti buku, artikel ilmiah ataupun sumber lain yang memiliki relevansi dengan apa yang dibahas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan perkembangan zaman, membawa perubahan dan perkembangan pembelajaran bahasa Arab. Dapat diketahui mengenai bahan ajar, metode dan media yang dulu digunakan hanya sebatas untuk memperdalam agama Islam yang kemudian terjadi perkembangan hingga ketiga kajian tersebut mempunyai ragam untuk digunakan.
References
Ahmadi, & Ilmiani, A. M. (2020). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Konvensional Hingga Era Digital. Ruas Media.
Andriani, A. (2015). Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab dalam pendidikan Islam. Jurnal Ta’allum, 3(1).
Arif, Muh., & Makalalag, E. W. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran bahasa arab. Balai Insan Cendekia Mandiri.
Arifin, A. (2016). Perkembangan Bahasa Arab dan Pengajarannya di Indonesia. Jurnal al-Maqayis, 3(1).
As’ari, D. R. (2015). Strategi dan Metode Pembelajaran Bahasa Arab. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab (KONASBARA), 1(1).
Azhari, & Silahuddin. (2019). Inovasi Media Pembelajaran Bahasa Berbasis E-Learning Pada Sekolah. Circuit: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik elektro, 3(1).
Baharuddin, I. (2014). Pesantren dan Bahasa Arab. Jurnal Thariqah Ilmiah, 1(1).
Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. CV Budi Utama.
Fauzi, M. (2021). Implementasi Thariqah Al-Intiqaiyah (Metode Eklektik)pada Pembelajaran Mufradat Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTs Negeri 1 Belitung. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(31).
Fauzi, Moch. S. (2007). Pesantren Tradisional; Akar Penyebaran Islam dan Bahasa Arab di Indonesia. LiNGUA: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 2(2).
Gunarti, T. T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Audio Visual untuk Meningkatkan Maharah Istima’ Pada Siswa-Siswi Madrasah Ibtidaiyah. Awwaliyah; Jurnal PGMI, 3(2).
Habib, Moh. T. (2016). Pembelajaran Bahasa Arab di Pesantren Tradisional; Kurikulum, Tujuan, Bahan Ajar dan Metode. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1).
Hanifah, U. (2011). Media Pembelajaran Bahasa Arab. Putra Media Nusantara.
Hasani, N. (2016). Efektivitas Penggunaan Metode Audiolingual dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Realita: Jurnal Penelitian dan Kebudayaan Islam, 14(2).
Hasanuddin, M. I., & Sudirman. (2020). Transformasi Elemen Pesantren pada Pembelajaran Bahasa Arab di Pesantren As’adiyah Sengkang: Kontinuitas dan perubahan. IQRO: Journal of Islamic Education, 3(1).
Kosasih. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Bumi Aksara.
Kusuma, A. B. (2016). Transformasi Pengajaran Bahasa Arab di Indonesia. AL-MANAR:Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 5(1).
Marlina, L. (2016). Efektifitas Metode Langsung dalam Pengajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab. al-Tsaqafa: Jurnal Ilmiah Peradaban Islam, 13(2).
Munir. (2016). Perencanaan Sistem Pengajaran Bahasa Arab. Kencana.
Mustafa. (2020). Dinamika Metode Pembelajaran Bahasa Arab. Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(2).
Nadia, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Video Interaktif Berbasis Youtube Tema 4 Subtema 2 pada Pembelajaran Daring di Kelas l Sekolah Dasar. Universitas Jambi.
Nasotion, S. (2012). Metode Konvensional dan Inkonvensional dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, XII(2).
Novita, A., & Munawir. (2022). Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Informasi Komunikasi Pada Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1).
Panggabean, N. H., & Danis, A. (2020). Desain Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Sains. Yayasan Kita Menulis.
Qomar, M. (2006). Pesantren: Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi. Erlangga.
Raswan. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Eklektik Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 5(1).
Rosyad, Muh. S. (2020). Idealitas dan Desain Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab,. JALIE: Journal of Applied Linguistics and Islamic Education, 4(2).
Salim, L. (2015). Peranan Bahasa Arab Terhadap Ilmu Pengetahuan. Jurnal Adabiyah, 15(2).
Sari, A. P. P. (2018). Tinjauan Terhadap Metode Pembelajaran Bahasa Arab: Metode Qawaid & Terjemah, Metode Langsung,Metode Audiolingual dan Metode Gabungan. Jurnal Tarbiyatuna, 3(2).
Sauri, S. (2020). Sejarah Perkembangan Bahasa Arab dan Lembaga Islam di Indonesia. INSANCITA; Journal of Islamic Studies in Indonesia and Southeast Asia, 5(1).
Setyawan, C. E., & Anwar, K. (2020). Peran Bahasa Arab dalam Pendidkan Islam Sebagai Urgensitas Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahsa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(1).
Sholihah, Q. (2020). Pengantar Metodologi Penelitian. UB Press.
Sidabutar, Y. A., & Manihuruk, L. M. E. (2022). Keefektifan Media Audio-Visual dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2).
Suroiyah, E. N., & Zakiyah, D. A. (2021). Perkembangan Bahasa Arab di Indonesia. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1).
Suryani, R. M., Amir, F. R., & Balqis, L. F. (2021). Efektivitas Metode Audiolingual dalam Peningkatan Maharah al-Kalam Bahasa Arab. Tastqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1).
Syaifullah, M., & Izzah, N. (2019). Kajian Teoritis Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 3(1).
Uliyah, A., & Isnawati, Z. (2019). Metode Permainan Edukatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Shaut Al-’Arabiyah, 7(1).
Wahab, M. A. (2014). Peran Bahasa Arab dalam Pengembangan Ilmu dan Peradaban Islam. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 1(1).
Waridah, E. (2017). Kamus Bahasa Indonesia. Bmedia Imprint Kawan Pustaka.
Wekke, I. S. (2012). Model Pembelajaran Bahasa Arab. CV Budi Utama.
Zainuri, M. (2019). Perkembangan Bahasa Arab di Indonesia. Tarling: Journal of Languange Education, 2(2).
Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 An-Nashr : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright and License Statement
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
The copyright for each article in An-Nashr : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan belongs to the author under a Creative Commons CC BY 4.0 license:
- The author allows An-Nashr to be the first to publish the article under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0).
- Authors are free to share their published work elsewhere (e.g., in their institution’s repository or as part of a book), as long as they acknowledge that it was first published in An-Nashr.
License:
An-Nashr : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan is published under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). This license allows anyone to copy, share, modify, and create derivative works for any purpose, including commercial use, as long as credit is given to the original author.



