Tantangan Implementasi Dan Peluang Pada Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Digital
Keywords:
Pendidikan Bahasa Arab, Transformasi Digital, Transformasi PendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tantangan dan peluang yang dihadapi pendidikan bahasa Arab dalam proses transformasinya di era digital. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini menyajikan temuan secara naratif, menggali kondisi aktual terkait transformasi pembelajaran bahasa Arab di tengah pesatnya perkembangan teknologi. Pengumpulan data dilakukan melalui metode kajian pustaka (library research), yang melibatkan penelaahan kritis terhadap berbagai literatur relevan seperti artikel ilmiah, jurnal, buku, dan situs web, kemudian mengintegrasikan informasi tersebut untuk memperoleh pemahaman komprehensif. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis teks berbasis studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transformasi digital dalam pendidikan bahasa Arab menghadapi beberapa tantangan signifikan. Tantangan utama mencakup kurangnya kesiapan guru dalam mengadaptasi metodologi pengajaran digital, keterbatasan infrastruktur pendukung seperti akses internet dan perangkat yang belum merata, serta kebutuhan mendesak akan peningkatan kualitas konten pembelajaran yang interaktif dan komprehensif. Banyak aplikasi pembelajaran yang tersedia saat ini dinilai belum optimal dan kurang melibatkan pakar bahasa. Namun, era digital juga membuka peluang besar, yaitu perluasan akses pendidikan yang memungkinkan pembelajaran bahasa Arab secara fleksibel dan ekonomis. Selain itu, digitalisasi mendorong munculnya metode pembelajaran yang lebih inovatif dan komunikatif, serta memfasilitasi kerja sama antar lembaga pendidikan, baik nasional maupun internasional, untuk berbagi sumber daya dan meningkatkan kualitas kurikulum.
References
Ahmad Mahdi, Rahmatul Uyuni. “Fenomena Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pemanfaatan Digitalisasi Di Era 5.0.” Jurnal Ekonomi Teknologi dan Bisnis (JETBIS) 1, no. 2 (October 28, 2022): 85–94.
Andita, Virginia, and Debra Rafaela. “Akselerasi Transformasi Digital Untuk Pendidikan Berkualitas.” Journal of Information Systems and Management (JISMA) 3, no. 2 (2024): 90–93.
Cannavaro, Juliano, Masduki Asbari, and Rini Nurmayanti. “Transformasi Pendidikan: Memperkuat Kecerdasan Sosial Dan Emosional Anak Di Era Disrupsi.” Journal of Information Systems and Management (JISMA) 3, no. 3 (2024): 1–6.
Fitri, Allisa Tazkia. “Transformasi Literasi Digital Menuju Literasi Global Di Era Tanpa Batas: Perspektif Dunia Remaja.” IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 2 (April 26, 2025): 418–425.
Liu, Su-Houn, Hsiu-Li Liao, and Jean A. Pratt. “Impact of Media Richness and Flow on E-Learning Technology Acceptance.” Computers & Education 52, no. 3 (April 2009): 599–607.
Manan, Abdul, and Ulyan Nasri. “Tantangan dan Peluang Pendidikan Bahasa Arab: Perspektif Global.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 9, no. 1 (February 2, 2024): 256–265.
Muzakki, Ahmad Ali, Rodhy Harisca, and Husain Ibnu Abdilah. “Transformasi Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Digital: Antara Inovasi Teknologi Dan Tantangan Penerapan.” Qolamuna: Keislaman, Pendidikan, Literasi dan Humaniora 2, no. 1 (May 19, 2025): 37–48.
Nuryana, Muhamad Luqman, Tatang Ibrahim, and Opan Arifudin. “Implementasi Dan Transformasi Sistem Informasi Manajemen Di Era Digital.” Jurnal Tahsinia 5, no. 9 (December 30, 2024): 1325–1337.
Sembiring, Irvan Mustofa, Ilham Ilham, Eka Sukmawati, Maisuhetni Maisuhetni, and Opan Arifudin. “Pendidikan Agama Islam Berwawasan Global Sebagai Dasar Paradigma Dan Solusi Dalam Menghadapi Era Society 5.” Innovative: Journal Of Social Science Research 4, no. 2 (March 6, 2024): 305–314.
Susanti, Rani. “Teknologi Pendidikan Dan Peranannya Dalam Transformasi Pendidikan.” Jurnal Teknologi Pendidikan 2, no. 2 (July 12, 2013). Accessed February 10, 2025. http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TEK/article/view/448.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Syahabuddin Nur, Sahrul Ramadan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright and License Statement
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
The copyright for each article in An-Nashr : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan belongs to the author under a Creative Commons CC BY 4.0 license:
- The author allows An-Nashr to be the first to publish the article under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0).
- Authors are free to share their published work elsewhere (e.g., in their institution’s repository or as part of a book), as long as they acknowledge that it was first published in An-Nashr.
License:
An-Nashr : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan is published under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). This license allows anyone to copy, share, modify, and create derivative works for any purpose, including commercial use, as long as credit is given to the original author.



