Penerapan Kebiasaan Sopan Santun Siswa Kelas II MI Intisyarul Mabarrat Desa Keramat Kecamatan Haru Gading

Authors

  • Muhammad Faridi Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Rakha Amuntai
  • Muhammad Nasir Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Rakha Amuntai

Keywords:

Sopan Santun, Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Kebiasaan sopan santun merupakan suatu sikap menyesuaikan diri dengan menerapkan perilaku yang baik dalam kehidupan bermasyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan kebiasaan sopan santun terhadap siswa kelas II di MI Intisyarul Mabarrat Kecamatan Haur Gading. Metode dalam penelitian menggunakan metode kualitiatif dan jenis penelitian naratif research. Analisis data menggunakan tekhnik reduction, data display, dan concelussion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MI Intisyarul Mabarrat dalam menerapkan kebiasaan sopan santun siswa kelas II dengan cara menerapakan keteladanan, pembiasaan, dan membiasakan untuk menghargai serta tolong menolong terhadap sesama.

References

Ainah, Sarbaini, Rabiatul Adawiah. “Strategi Guru PKN Menanamkan Karakter Sopan Santun dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dI SMP NEGERI 3 Banjarmasin.” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan 6, no. 11 (2016).

Anik Maturohmah, Fajariyah, and Roudhotul Jannah. “Pengaruh Guru Dalam Menumbuhkan Nilai Norma Kesopanan Pada Siswa Terhadap Peningkatan Kedisiplinan Siswa Kelas XI IPS 1 MAN 3 Banyuwangi.” JPPKn 2, no. 2 (2017).

Dwi Hastuti ,Diah Krisnatuti, Farhatilwarda. “KARAKTER SOPAN SANTUN REMAJA: Pengaruh Metode Sosialisasi Orang Tua Dan Kontrol Diri.” Jur. Ilm. Kel. & Kons 12, no. 2 (2019): 144–125. http://dx.doi.org/10.24156/jikk.2019.12.2.114.

Hidayat Ginanjar, Muhammad, and Nia Kurniawati. “Pembelajaran Akidah Akhlak Dan Korelasinya dengan peningkatan Akhlak AL-KARIMAH Peserta didik.” Jurnal Edukasi Islami Pendidikan 6, no. 1 (January 7, 201AD): 101–24.

Iwan. “Merawat Sikap Sopan Santun Dalam Lingkungan Pendidikan.” Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 1 (2020).

Mustofa, Ali. “Metode Keteladanan Perspektif Pendidikan Islam.” CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman 5, no. 1 (2019).

Rizki, Miftahur. “Peran Perpustakaan Daerah Dalam Membangun Budaya Literasi Masyarakat.” JURNAL BESICEDU 6, no. 2 (2022).

Salim, and Syahrum. Metodologi Penelitian. Bandung: Citapustaka, 2012.

Samsudin, Udin, and Astuti Darmiyanti. “Model Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Akhlak Rasulullah Pada Siswa Sekolah Dasar.” EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 1 (2022).

Sugono, Dendy. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, 2018.

Downloads

Published

2024-10-04