Penerapan Kebiasaan Sopan Santun Siswa Kelas II MI Intisyarul Mabarrat Desa Keramat Kecamatan Haru Gading
Keywords:
Sopan Santun, Madrasah IbtidaiyahAbstract
Kebiasaan sopan santun merupakan suatu sikap menyesuaikan diri dengan menerapkan perilaku yang baik dalam kehidupan bermasyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan kebiasaan sopan santun terhadap siswa kelas II di MI Intisyarul Mabarrat Kecamatan Haur Gading. Metode dalam penelitian menggunakan metode kualitiatif dan jenis penelitian naratif research. Analisis data menggunakan tekhnik reduction, data display, dan concelussion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MI Intisyarul Mabarrat dalam menerapkan kebiasaan sopan santun siswa kelas II dengan cara menerapakan keteladanan, pembiasaan, dan membiasakan untuk menghargai serta tolong menolong terhadap sesama.
References
Ainah, Sarbaini, Rabiatul Adawiah. “Strategi Guru PKN Menanamkan Karakter Sopan Santun dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dI SMP NEGERI 3 Banjarmasin.” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan 6, no. 11 (2016).
Anik Maturohmah, Fajariyah, and Roudhotul Jannah. “Pengaruh Guru Dalam Menumbuhkan Nilai Norma Kesopanan Pada Siswa Terhadap Peningkatan Kedisiplinan Siswa Kelas XI IPS 1 MAN 3 Banyuwangi.” JPPKn 2, no. 2 (2017).
Dwi Hastuti ,Diah Krisnatuti, Farhatilwarda. “KARAKTER SOPAN SANTUN REMAJA: Pengaruh Metode Sosialisasi Orang Tua Dan Kontrol Diri.” Jur. Ilm. Kel. & Kons 12, no. 2 (2019): 144–125. http://dx.doi.org/10.24156/jikk.2019.12.2.114.
Hidayat Ginanjar, Muhammad, and Nia Kurniawati. “Pembelajaran Akidah Akhlak Dan Korelasinya dengan peningkatan Akhlak AL-KARIMAH Peserta didik.” Jurnal Edukasi Islami Pendidikan 6, no. 1 (January 7, 201AD): 101–24.
Iwan. “Merawat Sikap Sopan Santun Dalam Lingkungan Pendidikan.” Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 1 (2020).
Mustofa, Ali. “Metode Keteladanan Perspektif Pendidikan Islam.” CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman 5, no. 1 (2019).
Rizki, Miftahur. “Peran Perpustakaan Daerah Dalam Membangun Budaya Literasi Masyarakat.” JURNAL BESICEDU 6, no. 2 (2022).
Salim, and Syahrum. Metodologi Penelitian. Bandung: Citapustaka, 2012.
Samsudin, Udin, and Astuti Darmiyanti. “Model Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Akhlak Rasulullah Pada Siswa Sekolah Dasar.” EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 1 (2022).
Sugono, Dendy. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, 2018.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Faridi, Muhammad Nasir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright and License Statement
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
The copyright for each article in An-Nashr : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan belongs to the author under a Creative Commons CC BY 4.0 license:
- The author allows An-Nashr to be the first to publish the article under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0).
- Authors are free to share their published work elsewhere (e.g., in their institution’s repository or as part of a book), as long as they acknowledge that it was first published in An-Nashr.
License:
An-Nashr : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan is published under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). This license allows anyone to copy, share, modify, and create derivative works for any purpose, including commercial use, as long as credit is given to the original author.



