Implementasi Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam di MIN 23 HSU

Authors

  • Anisah Anisah Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Rakha Amuntai
  • Muhammad Nasir Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Rakha Amuntai
  • Ahmad Rifa'i Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Rakha Amuntai

Keywords:

Video Pembelajaran, Hasil Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam

Abstract

Media pembelajaran merupakan faktor yang dapat memotivasi siswa dalam melaksanakan pembelajaran dan mampu mendorong siswa untuk mencapai hasil belajar yang maksimal. Media yang digunakan dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MIN 23 Hulu Sungai Utara ini menggunakan media video pembelajaran, untuk mempermudah dalam memahami materi yang disampaikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi video pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar sejarah kebudayaan islam di MIN 23 HSU dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi video pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar sejarah kebudayaan islam di MIN 23 HSU. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian diolah melalui reduksi data, display data (penyajian data), dan verifikasi data (kesimpulan). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi video pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam di MIN 23 Hulu Sungai Utara dapat dilihat dari semangat belajar siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar, siswa terlihat aktif saat pembelajaran SKI dengan media, ketika tanya jawab siswa menjawab pertanyaan dari guru, siswa aktif bertanya ketika materi tidak dipahami, hasil belajar siswa semakin meningkat.. Faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi video pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam di MIN 23 Hulu Sungai Utara yaitu tersedianya sarana dan prasarana berupa LCD Proyektor dan Wifi. Penghambat, yaitu: lamanya membuat video pembelajaran sendiri dan lamanya penyiapan alat.

References

Abubakar, Rifa’i. Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: SUKA-Press, 2021.

Gazali, Munawir, dan Made Ayu Pransisca. “Pentingnya Penguasaan Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menyiapkan Siswa Menghadapi Revolusi Industry 4.0.” Jurnal Ilmiah Global Education 2 (2021): 87–95.

Linggarsari, Elkana. “Meta Analisis Pembelajaran Berbasis Media Video Pembelajaran terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 (2021): 122–28.

Nuritha, Citra, dan Ayu Tsurayya. “Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa.” Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika 5 (2019): 48–64.

Nurrita, Teni. “Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Hadist Syariah dan Tarbiah 3 (2018): 171–210.

Setiawan, Agus. “Merancang Media Pembelajaran PAI di Sekolah (Analisis Implementasi Media Pembelajaran Berbasis PAI).” Darul Ulum Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan 10 (2019): 223–40.

Downloads

Published

2023-12-21