Pemanfaatan Google Form Sebagai Media Evaluasi Pada Mata Kuliah Pembelajaran SKI MI Di Prodi PGMI STIQ Rakha Amuntai

Authors

  • Muhammad Nasir STIQ Rakha Amuntai
  • Annida Fithriati STIQ Rakha Amuntai
  • Sarmila STIQ Rakha Amuntai
  • Siti Sarah STIQ Rakha Amuntai
  • Syafariana Nikmah STIQ Rakha Amuntai

Keywords:

Google Form, Pembelajaran SKI MI, Evaluasi Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan Google Form sebagai media evaluasi pada mata kuliah Pembelajaran SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) MI (Madrasah Ibtidaiyah) di Prodi PGMI Sekolah Tinggil Ilmu Al-Qur’an (STIQ) RAKHA Amuntai. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan populasi seluruh mahasiswa semester 6 lokal A. Data dikumpulkan melalui kuesioner daring dan wawancara mendalam. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebanyak 77,5% atau 31 mahasiswa menyatakan google form efektif digunakan sebagai media evaluasi dalam pembelajaran. pemanfaatan Google Form sebagai media evaluasi Pembelajaran SKI mendapat tingkat pemanfaatan yang positif. Penggunaan Google Form memberikan kemudahan dalam pengumpulan dan analisis data, serta umpan balik yang cepat kepada mahasiswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan Google Form sebagai media evaluasi pada Pembelajaran SKI MI memberikan manfaat signifikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan pemahaman mahasiswa

References

Mansyur, Umar, Erick Irawadi Alwi, and Ihramsari Akidah. “Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Memanfaatkan Google Form Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh.” Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 7, no. 1 (2022): 23–34.

Meirawati, Eka. “Pemanfaatan Google Form Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMKN 2 Palangka Raya,” 2020.

Pramono, Bayu. “ANALISIS PENGGUNAAN GOOGLE FORM SEBAGAI MEDIA PENGUMPULAN TUGAS SISWA KELAS XI MULTIMEDIA 2 DI SMKN 1 PACITAN,” 2022.

Prijowuntato, Sebastianus Widanarto. Evaluasi Pembelajaran. Sanata Dharma University Press, 2020.

Samad, Abdul. “Penggunaan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Weblog Sebagai Median Dan Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Di SMA Hidayatullah Parepare,” 2020.

Sari, Suci Perwita, Eko Febri Syahputra Siregar, and Baihaqi Siddik Lubis. “Pemanfaatan Google Form Sebagai Instrumen Evaluasi Belajar.” Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 5, no. 1 (2022): 177–83.

Sufriadi, Dedi, and Zakaria Zakaria. “Pemanfaatan Google Form Untuk Penilaian Harian Mata Kuliah Mahasiswa Universitas Serambi Mekkah.” Innovative: Journal of Social Science Research 2, no. 2 (2022): 58–62.

Trieb, Carolin-Anna. “Application of Learning Technologies to Promote Holistic Thinking and Consensus Building in Global Studies.” The International Journal of Information and Learning Technology 33, no. 5 (2016): 300–314.

Utami, Lina Wahyu Setya. “Penggunaan Google Form Dalam Evaluasi Hasil Belajar Peserta Didik Di Masa Pandemi C0vid-19.” TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan 1, no. 3 (2021): 150–56.

Wahyuni, Sri, and Refika Andriani. “Pelatihan Pemanfaatan Google Form Sebagai Media Evaluasi Dalam Model Pembelajaran Hybrid Learning.” Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 7, no. 2 (2023): 419–25.

Downloads

Published

2023-06-23