Pemanfaatan Google Form Sebagai Media Evaluasi Pada Mata Kuliah Pembelajaran SKI MI Di Prodi PGMI STIQ Rakha Amuntai
Keywords:
Google Form, Pembelajaran SKI MI, Evaluasi PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan Google Form sebagai media evaluasi pada mata kuliah Pembelajaran SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) MI (Madrasah Ibtidaiyah) di Prodi PGMI Sekolah Tinggil Ilmu Al-Qur’an (STIQ) RAKHA Amuntai. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan populasi seluruh mahasiswa semester 6 lokal A. Data dikumpulkan melalui kuesioner daring dan wawancara mendalam. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebanyak 77,5% atau 31 mahasiswa menyatakan google form efektif digunakan sebagai media evaluasi dalam pembelajaran. pemanfaatan Google Form sebagai media evaluasi Pembelajaran SKI mendapat tingkat pemanfaatan yang positif. Penggunaan Google Form memberikan kemudahan dalam pengumpulan dan analisis data, serta umpan balik yang cepat kepada mahasiswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan Google Form sebagai media evaluasi pada Pembelajaran SKI MI memberikan manfaat signifikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan pemahaman mahasiswa
References
Mansyur, Umar, Erick Irawadi Alwi, and Ihramsari Akidah. “Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Memanfaatkan Google Form Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh.” Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 7, no. 1 (2022): 23–34.
Meirawati, Eka. “Pemanfaatan Google Form Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMKN 2 Palangka Raya,” 2020.
Pramono, Bayu. “ANALISIS PENGGUNAAN GOOGLE FORM SEBAGAI MEDIA PENGUMPULAN TUGAS SISWA KELAS XI MULTIMEDIA 2 DI SMKN 1 PACITAN,” 2022.
Prijowuntato, Sebastianus Widanarto. Evaluasi Pembelajaran. Sanata Dharma University Press, 2020.
Samad, Abdul. “Penggunaan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Weblog Sebagai Median Dan Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Di SMA Hidayatullah Parepare,” 2020.
Sari, Suci Perwita, Eko Febri Syahputra Siregar, and Baihaqi Siddik Lubis. “Pemanfaatan Google Form Sebagai Instrumen Evaluasi Belajar.” Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 5, no. 1 (2022): 177–83.
Sufriadi, Dedi, and Zakaria Zakaria. “Pemanfaatan Google Form Untuk Penilaian Harian Mata Kuliah Mahasiswa Universitas Serambi Mekkah.” Innovative: Journal of Social Science Research 2, no. 2 (2022): 58–62.
Trieb, Carolin-Anna. “Application of Learning Technologies to Promote Holistic Thinking and Consensus Building in Global Studies.” The International Journal of Information and Learning Technology 33, no. 5 (2016): 300–314.
Utami, Lina Wahyu Setya. “Penggunaan Google Form Dalam Evaluasi Hasil Belajar Peserta Didik Di Masa Pandemi C0vid-19.” TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan 1, no. 3 (2021): 150–56.
Wahyuni, Sri, and Refika Andriani. “Pelatihan Pemanfaatan Google Form Sebagai Media Evaluasi Dalam Model Pembelajaran Hybrid Learning.” Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 7, no. 2 (2023): 419–25.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Nasir, Annida Fithriati, Sarmila, Siti Sarah, Syafariana Nikmah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright and License Statement
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
The copyright for each article in An-Nashr : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan belongs to the author under a Creative Commons CC BY 4.0 license:
- The author allows An-Nashr to be the first to publish the article under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0).
- Authors are free to share their published work elsewhere (e.g., in their institution’s repository or as part of a book), as long as they acknowledge that it was first published in An-Nashr.
License:
An-Nashr : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan is published under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). This license allows anyone to copy, share, modify, and create derivative works for any purpose, including commercial use, as long as credit is given to the original author.



